Pelaksanaan Pengawasan Ketenagakerjaan Dalam Upaya Perlindungan Pekerja Perempuan Oleh Dinas Perindustrian Dan Tenaga Kerja Kabupaten Klaten

P, CHUSNUL PRATIWI (2018) Pelaksanaan Pengawasan Ketenagakerjaan Dalam Upaya Perlindungan Pekerja Perempuan Oleh Dinas Perindustrian Dan Tenaga Kerja Kabupaten Klaten. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (270Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Chusnul Pratiwi Putri. 2018. E0014080. PELAKSANAAN PENGAWASAN KETENAGAKERJAAN DALAM UPAYA PERLINDUNGAN HUKUM PADA PEKERJA PEREMPUAN OLEH DINAS PERINDUSTRIAN DAN TENAGA KERJA KABUPATEN KLATEN. Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini mendiskripsikan dan mengkaji permasalahan, pertama bagaimana pelaksanaan pengawasan ketenagakerjaan dalam rangka perlindungan pekerja perempuan oleh Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klaten. Kedua, apa hambatan-hambatan yang dihadapi pegawai pengawas Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klaten dalam rangka perlindungan pekerja perempuan. Penelitian ini adalah penelitian hukum normatif bersifat preskriptif. Jenis data yang digunakan yaitu data sekunder. Sumber data sekunder yang digunakan mencakup bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi dokumen, yaitu merupakan teknik pengumpulan data dengan mempelajari, membaca, dan mengkaji buku-buku kepustakaan yang ada hubungannya dengan permasalahan yang diteliti. Beberapa data dimintakan klarifikasi kepada pegawai pengawas Dinas Perindustrian dan Pekerja Kabupaten Klaten. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode deduktif. Hasil penelitian menujukkan bahwa pelaksanaan pengawasan oleh pihak Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klaten dalam upaya perlindungan hukum pada pekerja perempuan belum efektif karena masih ada pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh perusahaan dan bentuk sanksi yang diterapkan kurang tegas karena masih menerapkan sanksi yang bersifat teguran/ pembinaan belum sampai ke pengadilan. Hambatan yang berkaitan dengan pengawasan oleh pengawas Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klaten semenjak dilimpahkan ke Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Tengah yaitu: Jarak yang terlalu jauh; Pemeriksaan di tiap-tiap perusahaan seringkali tidak tuntas dalam satu kali kunjungan; Kesulitan mendistribusikan surat sehingga pelayanan tidak bisa cepat; Tidak semua perusahaan sadar akan kewajibannya masing-masing; Biaya untuk perlindungan karyawan masih dianggap sebagai beban perusahaan; Terbatasnya jumlah pegawai pengawas Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klaten; Kurangnya kerjasama yang baik antara pengusaha dengan pegawai pengawas ketenagakerjaan, yang mengakibatkan data-data yang diperoleh dari hasil pemeriksaan tidak memenuhi unsur validitas. Kata Kunci: Pengawasan, Ketenagakerjaan, Perlindungan Hukum Pada Pekerja Perempuan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 02 Mar 2016 11:56
    Last Modified: 16 Oct 2018 01:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23841

    Actions (login required)

    View Item