PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH (PTK Pada Siswa Kelas XI TKJ SMK KOSGORO Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015)

PRIYATMOKO, DANANG (2016) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH (PTK Pada Siswa Kelas XI TKJ SMK KOSGORO Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (959Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Danang Priyatmoko. S861402011 (2015) Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Sejarah (PTK Pada Siswa Kelas XI TKJ SMK KOSGORO Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015). TESIS. Pembimbing I : Prof. Dr. Sariyatun, M.Pd. M.Hum. Pembimbing II : Dr. Leo Agung S, M.Pd Program Studi Pendidikan Sejarah, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw merupakan model pembelajaran kooperatif, siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri dari 5-6 orang dengan memperhatikan keheterogenan, bekerjasama positif dan setiap anggota bertanggung jawab untuk mempelajari masalah tertentu dari materi yang diberikan dan menyampaikan materi tersebut kepada anggota kelompok yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan media audio visual dengan materi perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar Sejarah pada siswa kelas XI TKJ SMK KOSGORO Sragen. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) terdiri dari tiga siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas TKJ SMK KOSGORO Sragen sebanyak 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi, angket dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan hasil jawaban angket Minat yang diberikan kepada siswa pada siklus I dapat diketahui bahwa jumlah skor rata-rata sebesar 62,95 dan ketuntasan klasikal 45,45%, siklus II jumlah skor rata-rata sebesar 64,68 dan ketuntasan klasikal 68,18%, dan siklus III jumlah skor rata-rata sebesar 66,00 dan ketuntasan klasikal 86,36%. Sedangkan Prestasi belajar siswa hasil post test, siklus I rata-rata sebesar 65,91 (2,03) dengan pencapaian ketuntasan sebesar 45,45%, siklus II rata-rata sebesar 70,45 (2,30) dengan pencapaian ketuntasan sebesar 68,18%, siklus III rata-rata sebesar 78,64 (3,76) dengan pencapaian ketuntasan sebesar 90,91%. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mampu meningkatkan minat dan prestasi belajar karena memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir kritis terhadap suatu pokok permasalahan dan menemukan suatu konsep secara langsung dari hasil analisis. Siswa terlibat dalam proses discovery (penemuan), yang mendorong untuk membangun konsep secara progresif melalui pengalaman dari Jigsaw. Model pembelajaran ini cocok untuk materi perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan media audio visual perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar Sejarah pada siswa kelas XI TKJ SMK KOSGORO Sragen. Kata kunci : pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, audio visual, minat siswa, prstasi belajar.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 02 Mar 2016 11:43
    Last Modified: 02 Mar 2016 11:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23840

    Actions (login required)

    View Item