Isi Twitter, Gaya Komunikasi Pemimpin dan Feedback (Umpan Balik) Follower (Studi Analisis Isi Asosiasi Antara Tujuan Tweet, Gaya Komunikasi Pemimpin dan Feedback (Umpan Balik) Akun Twitter Ridwan Kamil)

Suryanto, Edy (2015) Isi Twitter, Gaya Komunikasi Pemimpin dan Feedback (Umpan Balik) Follower (Studi Analisis Isi Asosiasi Antara Tujuan Tweet, Gaya Komunikasi Pemimpin dan Feedback (Umpan Balik) Akun Twitter Ridwan Kamil). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (194Kb) | Preview

    Abstract

    Hadirnya twitter mulai dimanfaatkan oleh kepala daerah untuk menjalin hubungan dan berkomunikasi secara terbuka dengan masyarakat dengan sifatnya yang interaktif. Jumlah penduduk kota Bandung saat ini adalah 2,5 juta, 2 juta di antaranya memiliki akun facebook dan peringkat 6 kota di dunia dengan jumlah pengguna twitter yang aktif memposting. Ridwan Kamil sebagai Walikota Bandung memanfaatkan media sosial terutama twitter sebagai media komunikasi dengan masyarakat. Pesan yang di tweet dari akun twitter Ridwan Kamil akan mendapatkan respons dari follower dalam bentuk favorite, retweet, dan reply. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana isi/ content tweet akun Ridwan Kamil dilihat dari aspek tujuan, gaya komunikasi pemimpin, umpan balik dari followers (retweet, favorite, reply) dan arah isi reply. Teori yang menjadi dasar kategori gaya komunikasi pemimpin adalah teori kepemimpinan situasional dari Hersey dan Blanchard yaitu bahwa gaya kepemimpinan seseorang merupakan kombinasi antara perilaku tugas dan perilaku hubungan. Gaya komunikasi pemimpin tersebut adalah gaya memberitahu (telling), gaya mempromosikan (selling), gaya berpartisipasi (participating) dan gaya mewakilkan (delegating). Sedangkan untuk kategori tujuan tweet yang digunakan mengadopsi dari penelitian yang dilakukan oleh Golbeck et al., 2010; Honeycutt & Herring, 2009; Java, Song, Finin, & Tseng, 2007 dalam Sobaci & Karkin (2013), kemudian dimodifikasi menjadi 6 (enam) kategori yaitu pesan, opini pribadi dan berbagi pandangan; berbagi informasi, berita dan pelayanan publik; promosi partisipasi; undangan pada sebuah acara; komunikasi dengan kepala daerah lain; dan promosi politik. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi (content analysis) untuk mengidentifikasi secara sistematis isi komunikasi yang tampak (manifest), dan dilakukan secara obyektif, valid, reliabel dan dapat direplikasi. Analisis isi menggambarkan aspek-aspek dan karakteristik dari suatu pesan dan menarik inferensi dari isi. Penelitian dilakukan pada tweet post akun Ridwan Kamil pada Tanggal 12 November 2014 sampai dengan Tanggal 12 Januari 2015 dengan jumlah tweet sebanyak 563 tweet. Hasil penelitian menunjukan bahwa twitter digunakan oleh Ridwan Kamil sebagai media untuk menyampaikan pesan berbagi informasi, berita dan pelayanan publik dengan menggunakan gaya memberitahu. Sedangkan umpan balik yang banyak dilakukan oleh followers adalah retweet, kemudian arah isi reply dari tweet yang dikirim adalah positif. Kata kunci: Twitter, Media Sosial, Gaya Komunikasi Pemimpin, Ridwan Kamil

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 28 Feb 2016 19:51
    Last Modified: 28 Feb 2016 19:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23831

    Actions (login required)

    View Item