SIMULASI HUJAN DAS BAH BOLON DENGAN METODE JARINGAN SYARAF TIRUAN BACKPROPOGATION BERDASARKAN DATA HUJAN MENGGUNAKAN SCILAB

Erlangga, Edo (2015) SIMULASI HUJAN DAS BAH BOLON DENGAN METODE JARINGAN SYARAF TIRUAN BACKPROPOGATION BERDASARKAN DATA HUJAN MENGGUNAKAN SCILAB. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1562Kb) | Preview

    Abstract

    Data hujan didapat dari stasiun hujan merupakan salah satu sumber input data yang selanjutnya dapat diolah dan dianalisis. Data hujan bersama data lain seperti debit dapat diolah seperti contohnya untuk mendapatkan data banjir dengan periode ulang tertentu. Semakin lengkap, banyak, dan data yang bersifat update serta akurat maka analisis hidrologi yang dapat dilakukan akan semakin baik. Untuk perencanaan sebuah bangunan air yang dapat digunakan hingga waktu yang cukup lama diperlukan prediksi hujan, seperti untuk perencanaan saluran irigasi dan bangunan air lainnya. Simulasi hujan merupakan metode mendapatkan data hujan berdasarkan data hujan pada stasiun lain dalam satu DAS pada kurun waktu yang sama, menggunakan model matematik linear yang dibangun dengan metode Jaringan Syaraf Tiruan (JST). Pada aplikasi di lapangan, data hasil simulasi bermanfaat untuk memberikan masukan pada pengambil keputusan. Metode JST backpropogation adalah salah satu metode yang digunakan untuk dalam memodelkan curah hujan dalam suatu Daerah Aliran Sungai (DAS) karena mampu memecahkan suatu permasalahan matematis yang kompleks. Prinsip yang digunakan seperti pada jaringan syaraf biologis pada otak manusia yang terdiri dari unit pemrosesan dan koneksi. Jaringan syaraf tiruan sederhana dapat memecahkan berbagai permasalahan kompleks dan permasalahan matematis lainnya. Tujuan dilakukannya penelitian Simulasi hujan DAS Bah Bolon dengan metode JST Backpropogation berdasarkan data hujan menggunakan Scilab adalah untuk mengetahui model hidrologi dan pengaplikasiannya untuk memprediksi data hujan yang hilang akibat rusaknya data hujan pada deret data hujan di DAS Bah Bolon, Sumatera Utara Penelitian Simulasi Hujan DAS Bah Bolon dengan metode Jaringan Syaraf Tiruan Backpropogation Berdasarkan data hujan menggunakan Scilab memakai satu variabel masukan. Variabel masukan pada penelitian ini adalah data hujan pada stasiun Bah Jambi. Parameter yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mean Squared Error (MSE) = 0,028, Epoch = 1000 iterasi, Jumlah hidden layer = 2, Jumlah neuron hidden layer = 3, Momentum = 0,7, Kecepatan Belajar (Learning Rate) = 0,9, periode pelatihan = 4 tahun. Hasil Verifikasi model didapat nilai korelasi yang sangat kuat antara data hujan simulasi dengan data hujan sesungguhnya, yaitu sebesar 0,9664, dan memiliki keandalan model terhadap sistem hidrologi pada DAS Bah Bolon sebesar 64,48%. Kata kunci : Backpropogation, DAS Bah Bolon, Jaringan Syaraf Tiruan, Prediksi, Scilab, Simulasi Hujan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 28 Feb 2016 19:19
    Last Modified: 28 Feb 2016 19:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23829

    Actions (login required)

    View Item