PENERAPAN RECIPROCAL TEACHNG MODEL DAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK 2 SMK NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Rosary, Dyas Erfira (2015) PENERAPAN RECIPROCAL TEACHNG MODEL DAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK 2 SMK NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (228Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan keaktifan siswa dengan penerapan Reciprocal Teaching Model dan Strategi Pembelajaran Index Card Match pada siswa kelas X AK 2 di SMK Negeri 1 Karanganyar. (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan Reciprocal Teaching Model dan Strategi Pembelajaran Index Card Match pada siswa kelas X AK 2 di SMK Negeri 1 Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Masing-masing siklus dilalui dengan empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015 sebenyak 36 siswa dengan komposisi 1 laki-laki dan 35 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti dan guru mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) penerapan Reciprocal Teaching Model dan Strategi Pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan keaktifan belajar Siswa Kelas X AK 2 SMK Negeri 1 Karanganyar. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa pada kelima indikator keaktifan belajar siswa yakni Visual Activities, Oral Activities, Listening Activities, Mental Activities, dan Emotional Activities pada siklus I sebesar 68,36% dan siklus II sebesar 81,69%. (2) penerapan Reciprocal Teaching Model dan Strategi Pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar kognitif akuntansi Siswa Kelas X AK 2 SMK Negeri 1 Karanganyar pada tingkatan hasil belajar ranah kognitif Hafalan (C1), Pemahaman (C2), Penerapan (C3), dan analisis (C4). Hasil tersebut ditunjukan pada siklus I ketuntasan belajar siswa sebesar 72,22% (26 siswa) dan siklus II sebesar 97,22% (35 siswa). Dalam penelitian ini peneliti menyimpulkan bahwa dengan penerapan Reciprocal Teaching Model dan Strategi Pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar akuntansi Siswa Kelas X AK 2 SMK Negeri 1 Karanganyar. Kata kunci: Reciprocal Teaching Model, Index Card Match, Keaktifan belajar, Hasil Belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 28 Feb 2016 19:08
    Last Modified: 28 Feb 2016 19:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23827

    Actions (login required)

    View Item