PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK PEMESINAN BUBUT MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) KELAS XI SMK NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Rahmawati, Dyah Ayuk (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK PEMESINAN BUBUT MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) KELAS XI SMK NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (222Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015 pada mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus diawali dengan tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI Teknik Mesin D SMK Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Data diperoleh melalui observasi atau pengamatan lapangan, wawancara, tes hasil belajar (tes pra siklus, siklus I, dan siklus II) dan kajian dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI Teknik Mesin D SMK Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015 mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut. Pada tahap pra siklus digunakan metode konvensional dan ditemukan bahwa keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa rendah. Peningkatan terjadi pada siklus I saat model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) diterapkan. Target dalam penelitian ini adalah memperoleh minimal 70% pada masing-masing indikator keterampilan berpikir kritis dan minimal 70% siswa tuntas KKM (≥75). Keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa meningkat walaupun masih belum optimal dan belum mencapai target. Pelaksanaan siklus II menyebabkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan hingga mencapai target yang diharapkan. Peningkatan presentase siswa yang tuntas KKM dari pra siklus sebesar 34,375% menjadi 78,125% pada siklus II atau terjadi peningkatan sebesar 43,75%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut kelas XI Teknik Mesin D SMK Negeri 5 Surakarta. Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif, Think Pair Share (TPS), keterampilan berpikir kritis, hasil belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 28 Feb 2016 18:54
    Last Modified: 28 Feb 2016 18:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23824

    Actions (login required)

    View Item