EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL), GROUP INVESTIGATION (GI) DAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SE-KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2014/2015

Hidayati, Dwi (2015) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL), GROUP INVESTIGATION (GI) DAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SE-KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2014/2015. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (682Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik antara model pembelajaran PBL, GI, atau TPS, (2) manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik antara siswa dengan kreativitas tinggi, sedang, atau rendah, (3) pada masing-masing tingkat kreativitas, model pembelajaran manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik, (4) pada masing-masing model pembelajaran, tingkat kreativitas manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP se-Kabupaten Banyumas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan stratified cluster random sampling. Anggota sampel dalam penelitian ini berjumlah 295 orang. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi, tes dan angket. Uji coba instrumen tes meliputi validitas isi, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitas. Uji keseimbangan menggunakan anava satu jalan dengan sel tak sama. Analisis data menggunakan anava dua jalan dengan sel tak sama yang kemudian dilanjutkan dengan uji komparasi ganda menggunakan metode Scheffe . Dari penelitian ini disimpulkan bahwa. (1) Model pembelajaran PBL menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik daripada model pembelajaran GI dan TPS, model pembelajaran GI menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik daripada model pembelajaran TPS, (2) siswa dengan kreativitas tinggi mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik daripada siswa dengan kreativitas sedang dan rendah, siswa dengan kreativitas sedang mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik daripada siswa dengan kreativitas rendah, (3) pada siswa dengan kreativitas tinggi dan rendah, model pembelajaran GI menghasilkan prestasi belajar matematika yang sama dengan model pembelajaran PBL dan TPS, model pembelajaran PBL menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran TPS. Siswa dengan kreativitas sedang, model pembelajaran PBL, GI dan TPS menghasilkan prestasi belajar matematika yang sama, (4) pada model pembelajaran PBL dan GI, prestasi belajar matematika siswa dengan kreativitas tinggi lebih baik daripada siswa dengan kreativitas sedang dan rendah, siswa dengan kreativitas sedang dan rendah menghasilkan prestasi belajar matematika yang sama. Pada model pembelajaran TPS, siswa dengan kreativitas tinggi dan sedang mempunyai prestasi belajar matematika yang sama, siswa dengan kreativitas tinggi dan sedang mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik daripada siswa dengan kreativitas rendah. Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Group Investigation (GI), Think Pair Share (TPS), kreativitas belajar siswa.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 27 Feb 2016 13:36
    Last Modified: 27 Feb 2016 13:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23811

    Actions (login required)

    View Item