PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI ENERAPAN STRATEGI IDENTIFIKASI BERBASIS KECERDASANJEMUK PADA SISWA KELAS X-A SMA NEGERI 1 GEMOLONG TAHUN AJARAN 2011/2012

Widodo, Joko and Suwandi, Sarwiji and Tarjana, Sri Samiati (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI ENERAPAN STRATEGI IDENTIFIKASI BERBASIS KECERDASANJEMUK PADA SISWA KELAS X-A SMA NEGERI 1 GEMOLONG TAHUN AJARAN 2011/2012. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1 (1). pp. 37-53. ISSN 1693 -623X

[img] PDF - Published Version
Download (420Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan dan kemampuan menulis puisi siswa kelas X-A SMA Negeri 1 Gemolong dengan strategi pengajaran identifikasi berbasis kecerdasan majemuk. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa dan guru bahasa Indonesia kelas X-A SMA Negeri 1 Gemolong tahun pelajaran 2011/2012. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes, dan analisis dokumen. Validitas data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan dua teknik, yakni triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Teknik analisis kritis dan deskripsi komparatif (statistik deskripsi komparatif) merupakan teknik analisis data pada penelitian ini. Penelitian ini dapat meningkatkan keaktifan siswa dan kemampuan siswa. Keaktifan siswa dapat dilihat dari, yakni aktif (1) memperhatikan penjelasan guru; (2) menyimpulkan pengertian dan karakteristik puisi; (3) memperhatikan contoh puisi yang ditampilkan baik berupa video ataupun lembar puisi; (4) mengidentifikasi contoh puisi yang diberikan; (5) bertanya tentang masalah yang belum dipahami; dan (6) merefleksikan pembelajaran. Peningkatan kemampuan menulis puisi siswa dapat dilihat dari nilai akhir siswa. Siklus I nilai rata-rata 74,0 dengan persentase ketuntasan 75% atau 24 siswa. Pada siklus II nilai rata-rata naik menjadi 78,0 dengan persentase ketuntasan 96,88% atau 31 siswa. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi identifikasi berbasis kecerdasan majemuk dapat meningkatkan keaktifan siswa dan kemampuan menulis puisi siswa. Kata Kunci: Menulis Puisi, Strategi identifikasi, dan kecerdasan majemuk.

    Item Type: Article
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Users 850 not found.
    Date Deposited: 12 Jul 2013 00:49
    Last Modified: 12 Jul 2013 00:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2381

    Actions (login required)

    View Item