EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA TEMATIK TERPADU KELAS V DI SD NEGERI 3 JEPANG PAKIS KECAMATAN JATI KABUPATEN KUDUS TESIS

Astuti, Dewi (2015) EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA TEMATIK TERPADU KELAS V DI SD NEGERI 3 JEPANG PAKIS KECAMATAN JATI KABUPATEN KUDUS TESIS. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (578Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan di SD Negeri 3 Jepang Pakis Kecamatan Jati Kudus. Nara sumber dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas 5 SD Negeri 3 Jepang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Konteks pelaksanaan pembelajaran IPA tematik di SDN 3 Jepang Pakis mengacu pada kebijakan pemerintah. Kebijakan tersebut adalah diberlakukannya kurikulum 2013 di semua sekolah di seluruh Indonesia. Dalam kurikulum 2013, pembelajaran dilaksanakan secara tematik terpadu dimana siswa akan memperoleh pengetahuan dan ketrampilan secara utuh sehingga pembelajaran menjadi bermakna bagi peserta didik. Hal itu sesuai dengan tujuan pembelajaran tematik. (2) Input pelaksanaan pembelajaran IPA tematik di SD N 3 Jepang Pakis meliputi kurikulum, guru, siswa, sumber belajar dan media belajar. Kurikulum yang diterapkan adalah kurikulum 2013 yang pembelajarannya dilaksanakan secaratemaik terpadu. Kondisi guru masih mengalami kesulitan dalam memahami pelaksanaan pembelajaran tematik namun setelah mengikuti kegiatan pelatihan kemampuan guru semakin meningkat. Siswa sudah bisa mengikuti pembelajaran tematik hal itu terbukti dari antusias siswa saat mengikuti pembelajaran. Sumber belajar yang digunakan hanya buku paket. Media yang digunakan kurang bervaraitif. (3) Proses pelaksanaan pembelajaran IPA Ttematik di SD N 3 Jepang Pakis terdiri dari dua tahapan yaitu perencanaan dan pelaksanaan. Perencanaan pembelajaran diawali dengan pengkajian silabus, pengembangan tema dan sub tema, pemetaan kompetensi dasra pada tema, format pemetaan KD dalam tema serta mengembangkan RPP. Pelaksanaan pembelajaran IPA tematik terdiri dari tiga kegiatan yaitu kegiatan awal, inti dan penutup. Dimana pelakasanaannya mengacu pada RPP yang telah dibuat sebelumnya. (4) Produk pembelajaran IPA di SD Negeri 3 Jepang Pakis dilakukan dalam bentuk evaluasi proses dan evaluasi hasil. Penilaian yang dilakukan oleh guru kelas terdiri dari 3 teknik yaitu penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan. Penilaian sikap meliputi rasa ingin tahu, percaya diri dan peduli terhadap lingkungan dan budaya sekitar. Penilaian pengetahuan meliputi tes tertulis. Penilaian keterampilan meliputi unjuk kerja siswa. Kata kunci: evaluasi pembelajaran tematik, konteks, input, proses, product

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 27 Feb 2016 13:27
    Last Modified: 27 Feb 2016 13:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23809

    Actions (login required)

    View Item