PEMBUATAN USER INTERFACE UNTUK MANAJEMEN HOTSPOT MIKROTIK YANG TERINTEGRASI DENGAN BILLING HOTEL MENGGUNAKAN API MIKROTIK

Prasetyo, Dova Pandu (2015) PEMBUATAN USER INTERFACE UNTUK MANAJEMEN HOTSPOT MIKROTIK YANG TERINTEGRASI DENGAN BILLING HOTEL MENGGUNAKAN API MIKROTIK. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (454Kb) | Preview

    Abstract

    Sistem keamanan hotspot merupakan suatu hal yang sangat penting dalam suatu jaringan nirkabel, maka dalam sistem wireless hotspot ini menggunakan radius server dengan metode AAA authentication yang berguna untuk melakukan autorisasi dan autentikasi dalam suatu jaringan dan dapat membatasi pemakaian bandwidth tiap user yang ada di dalam sebuah jaringan. Tahapan yang digunakan dalam penyusunan tugas akhir ini yaitu pencarian informasi, perancangan sistem dan analisa, pembuatan sistem,evaluasi, implementasi sistem dan pembuatan dokumentasi. Pada perancangan aplikasi ini dilengkapi dengan manajemen pengguna hotspot, manajemen bandwidth serta monitoring Mikrotik. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengimplementasikan sistem autentikasi pengguna hotspot berbasis RADIUS dengan billing hotel berdasarkan data check in tamu. Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah mempermudah manajemen user, membatasi pengunaan bandwidth setiap user dan dapat memonitoring hotspot Mikrotik. Dapat disimpulkan bahwa pembuatan manajemen hotspot ini dapat melakukan manajemen user dan bandwidth serta dapat memonitoring penggunaan bandwidth. Kata Kunci: AAA, wireless, hotspot, manajemen hotspot.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > D3 - Ilmu Komputer
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 27 Feb 2016 13:17
    Last Modified: 27 Feb 2016 13:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23807

    Actions (login required)

    View Item