IMPLEMENTASI HAZARD IDENTIFICATION AND RISK ASSESSMENT CONTROLS (HIRAC) PADA AREA HALL C SUB DEPARTEMEN PRODUKSI PERKAKAS SEBAGAI UPAYA MENDUKUNG TERWUJUDNYA CIPTA 2023 PT. PINDAD (PERSERO) DIVISI MUNISI TUREN-MALANG JAWA TIMUR

Putra, Dony Bagus Kharisma (2015) IMPLEMENTASI HAZARD IDENTIFICATION AND RISK ASSESSMENT CONTROLS (HIRAC) PADA AREA HALL C SUB DEPARTEMEN PRODUKSI PERKAKAS SEBAGAI UPAYA MENDUKUNG TERWUJUDNYA CIPTA 2023 PT. PINDAD (PERSERO) DIVISI MUNISI TUREN-MALANG JAWA TIMUR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (507Kb) | Preview

    Abstract

    Latar Belakang: Kecelakaan sering terjadi akibat kondisi tempat kerja, bahan, dan alat kerja yang kurang aman digunakan dan dipakai saat bekerja. Tujuan penelitian adalah mengetahui implementasi Hazard Identification and Risk Assessment Controls (HIRAC) pada Area Hall C Sub Departemen Produksi Perkakas sebagai upaya mendukung terwujudnya CIPTA 2023 PT. Pindad (Persero) Divisi Munisi Turen-Malang Jawa Timur. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif guna untuk mengetahui tahapan penerapan Hazard Identification and Risk Assessment (HIRAC) pada Area Hall C Sub Departemen Produksi Perkakas, kemudian dianalisis dengan OHSAS 18001:2007 dan peraturan atau standar lain yang terkait. Hasil Penelitian: Area Hall C Sub Departemen Produksi Perkakas memiliki jenis potensi bahaya, antara lain: bahaya elektrik, bahaya ergonomik, bahaya mekanik, dan bahaya fisik lainnya. Sedangkan untuk impact rate diketahui potensi bahaya masih tergolong pada level rendah/low (L) sampai dengan menengah/medium (M). Untuk upaya pengendalian dilakukan secara administrasi kontrol, rekayasa teknik, dan penyediaan APD. Simpulan Penelitian: Pihak perusahaan sudah mengimplementasikan prosedur Hazard Identification and Risk Assessment Controls (HIRAC) sesuai dengan OHSAS 18001:2007 Klausul 4.3.1 dan peraturan lain yang terkait. Saran yang disampaikan adalah perlu peningkatan program K3 melalui kepedulian, tanggung jawab, komunikasi yang baik, serta peran aktif bersama baik dari pihak manajemen perusahaan maupun para pekerja. Hal ini bertujuan untuk menciptakan meningkatkan produktivitas kerja dan kredibilitas perusahaan guna mewujudkan program CIPTA 2023 PT. Pindad (Persero) Divisi Munisi Turen-Malang Jawa Timur. Kata Kunci: HIRAC, OHSAS 18001:2007, CIPTA 2023.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > D3 - Hiperkes dan Keselamatan Kerja
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 27 Feb 2016 13:10
    Last Modified: 27 Feb 2016 13:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23806

    Actions (login required)

    View Item