PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BERITA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PENGGUNAAN MEDIA LINGKUNGAN SEKOLAH SISWA SMP KRISTEN 5 SURAKARTA

Djuliati, (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BERITA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PENGGUNAAN MEDIA LINGKUNGAN SEKOLAH SISWA SMP KRISTEN 5 SURAKARTA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (721Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis berita dengan menerapkan model Problem Based Learning dan media lingkungan sekolah dan (2) meningkatkan keterampilan menulis berita dengan menerapkan model Problem Based Learning dan media lingkungan sekolah pada siswa kelas VIII C SMP Kristen 5 Surakarta. Penelitian dilaksanakan pada awal Januari 2015 hingga akhir Juni 2015. Pendekatan penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VIII-C SMP Kristen 5 Surakarta. Data berupa RPP, foto, hasil tes, catatan lapangan, daftar nilai, dan catatan hasil wawancara. Sumber data meliputi: informan, tempat dan proses pembelajaran, dan dokumen. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumen. Uji validitas data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data dengan teknik analisis kritis dan teknik deskriptif komparatif. Indikator ketercapaian sebesar 84%. Prosedur penelitian meliputi persiapan, survei awal, pelaksanaan siklus, pengamatan, dan pelaporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dan penggunaana media lingkungan sekolah mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis teks berita siswa yang ditandai dengan meningkatnya perhatian, keaktifan, dan keterlaksanaan pembelajaran. Penelitian ini juga menjelaskankan bahwa dengan menerapkan model Problem Based Learning dan penggunaan media lingkungan sekolah dapat meningkatkan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII-C SMP Kristen 5 Surakarta. Hal ini dapat dilihat dari hasil tindakan yang dilakukan selama dua siklus. Pada pratindakan jumlah siswa yang memperoleh nilai di atas KKM (75) 9 siswa (36%) dengan nilai rata-rata 66.00 Pada siklus I siswa tuntas meningkat menjadi 16 siswa (64%) dengan nilai rata-rata 73,60. Pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 21 siswa (84%) dengan nilai ratarata 76,40. Pada siklus II ini pencapaian nilai baik secara kualitas proses maupun hasil telah mencapai ketuntasan yang lebih dari 80%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis teks berita dengan model Problem Based Learning dan penggunaan media lingkungan sekolah dapat meningkatkan kualitas proses maupun kemampuan menulis siswa. Kata kunci: menulis teks berita, Problem Based Learning, lingkungan sekolah.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 27 Feb 2016 12:58
    Last Modified: 27 Feb 2016 12:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23803

    Actions (login required)

    View Item