PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MAHASISWA PROGRAM BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA) DI UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA TAHUN 2015

Damayanti, Diska Mega Vita (2015) PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MAHASISWA PROGRAM BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA) DI UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA TAHUN 2015. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1058Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: 1) pembelajaran keterampilan berbicara BIPA, 2) kendala yang dihadapi dalam pembelajaran BIPA, 3) upaya untuk mengatasi kendala dalam pembelajaran BIPA. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif naturalistik dengan bentuk studi kasus terpancang. Informan dalam penelitian ini adalah koordinator perencanaan, pengajar, dan siswa.Teknik cupklikan yang digunakan adalah purposive sampling.Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mandalam, observasi, dan analisis dokumen. Pengujian validitas data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Data penelitian dianalisis menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian sebagai berikut: 1)pembelajaran pada materi keterampilan berbicarayang dilakukan pengajar senantiasa menghubungkan kegiatan dan bahan ajar dengan situasi nyata, yang dapat memotivasi siswa untuk menghubungkan pengetahuan dan terapannya dengan kehidupan seharihari,pengajar lebih sering menggunakan model contextual teaching learning, pembelajaran keterampilan berbicara sudah mengarah pada kemampuan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Indonesia pembelajar, baik itu formal ataupun non formal, 2) kendala-kendala dalam pembelajaran BIPA disebabkan oleh: a) penempatan peserta didik yang kurang sesuai sehingga tidak berimbang pemahaman bahasanya, b) masih kurangnya pemahaman budaya pembelajar, c) minat dan motivasi pembelajar masih kurang, d) terdapat materi yang hanya berpusat pada mahasiswa KNB, 3) upaya yang dilakukan pengajar untuk mengatasi kendala-kendala pembelajaran BIPA yaitu dengan membuat variasi pada metode, model, dan materi pembelajaran,, memberikan materi yang bersinggungan dengan budaya-budaya di Indonesia, memberikan motivasi pada pembelajar secara intens, dan menyiapkan berbagai macam materi dalam setiap proses pembelajaran. Kata kunci: pembelajaran, bahasa Indonesia bagi penutur asing.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 27 Feb 2016 12:46
    Last Modified: 27 Feb 2016 12:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23800

    Actions (login required)

    View Item