IMPLEMENTASI BIMBINGAN SOSIAL TENTANG KECERDASAN MORAL UNTUK MENINGKATKAN BUDI PEKERTI BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR (Penelitian di SD N Sumber III No. 162 dan SD N Sumber V No. 254 Kecamatan Banjarsari Surakarta)

Utami, Dionisia Gita (2015) IMPLEMENTASI BIMBINGAN SOSIAL TENTANG KECERDASAN MORAL UNTUK MENINGKATKAN BUDI PEKERTI BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR (Penelitian di SD N Sumber III No. 162 dan SD N Sumber V No. 254 Kecamatan Banjarsari Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (967Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul bimbingan sosial tentang kecerdasan moral yang layak untuk diimplementasikan dan efektif untuk meningkatkan budi pekerti siswa kelas V SD di Kecamatan Banjarsari. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang menghasilkan modul bimbingan sosial tentang kecerdasan moral untuk meningkatkan budi pekerti bagi siswa kelas V SD di kecamatan Banjarsari. Selanjutnya, untuk mengetahui efektivitas modul bimbingan sosial tentang kecerdasan moral untuk meningkatkan budi pekerti siswa kelas V SD di kecamatan Banjarsari menggunakan desain eksperimen One group pre test post test design, yaitu penelitian eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Perlakuan berupa pemberian modul bimbingan sosial tentang kecerdasan moral untuk meningkatkan budi pekerti yang dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Sumber III No. 162 dan SD N Sumber V No. 254 sejumlah 64 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket budi pekerti, observasi, dan wawancara. Kegiatan yang dilakukan kepada subjek penelitian meliputi pemberian pre test, implementasi modul bimbingan sosial, dan diakhiri dengan pemberian post test. Berdasarkan hasil uji ahli dan uji praktisi, dapat diketahui bahwa modul bimbingan sosial tentang kecerdasan moral untuk meningkatkan budi pekerti dinyatakan layak dan efektif untuk meningkatkan budi pekerti. Hal ini terbukti dari penilaian ahli dan praktisi terhadap modul berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 80,4. Hasil uji keefektifan menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata sebelum dan sesudah diberikan perlakuan yaitu rata-rata pre test adalah 83,62 dan rata-rata post test adalah 89,56. Analisis data menggunakan aplikasi SPSS 16 dengan teknik Paired Samples T Test yang menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 9,254 > ttabel sebesar 2,021 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian maka hipotesis dalam penelitian ini diterima yang berarti implementasi modul bimbingan sosial tentang kecerdasan moral efektif untuk meningkatkan budi pekerti siswa kelas V SD di kecamatan Banjarsari. Simpulan penelitian ini adalah implementasi modul bimbingan sosial tentang kecerdasan moral layak dan efektif untuk meningkatkan budi pekerti siswa kelas V SD di kecamatan Banjarsari. Kata kunci : modul bimbingan sosial, kecerdasan moral, budi pekerti

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 27 Feb 2016 12:35
    Last Modified: 27 Feb 2016 12:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23799

    Actions (login required)

    View Item