ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK MESIN DI SMK NEGERI 2 SURAKARTA

Permatasari, Dini Putri (2015) ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK MESIN DI SMK NEGERI 2 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (546Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan : (1) gambaran kondisi sekolah dalam pelaksanaan prakerin pada program keahlian Teknik Mesin; (2) persiapan yang dilakukan sekolah dalam pelaksanaan prakerin pada program keahlian Teknik Mesin; (3) kualitas pelaksanaan prakerin pada program keahlian Teknik Mesin; (4) faktor-faktor yang mendukung pelaksanaan prakerin pada program keahlian Teknik Mesin; (5) manfaat prakerin pada program keahlian Teknik Mesin. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dekriptif evaluatif model CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Sampel penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling yaitu 18 guru program keahlian Teknik Mesin, 95 siswa kelas XII program keahlian Teknik Mesin, dan 3 Dunia Usaha/ Industri (DUDI). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan dokumentasi. Validitas butir kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas logika. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melalui analisis perhitungan nilai rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kondisi SMK Negeri 2 Surakarta dalam rangka penyiapan siswa untuk melakukan prakerin terkondisikan dengan sangat baik, (2) penyiapan pelaksanaan prakerin program keahlian Teknik Mesin yang dilakukan pihak SMK Negeri 2 Surakarta sudah sangat baik, (3) kualitas pelaksanaan prakerin program keahlian Teknik Mesin di SMK Negeri 2 Surakarta tergolong sangat baik, (4) faktor-faktor yang mendukung pelaksanaan prakerin program keahlian Teknik Mesin di SMK Negeri 2 Surakarta ada 19 faktor, yaitu visi prakerin, misi prakerin, kondisi siswa, kondisi orangtua siswa, kondisi guru, tujuan prakerin, penyiapan sekolah, penyiapan sarana dan prasarana, pemanfaatan sarana dan prasarana, kegiatan siswa, kegiatan guru, keterlibatan DUDI, pelaksanaan administarasi, pengendalian terhadap pelanggaran yang dilakukan siswa, pelaksanaan penilaian hasil prakerin, keterampilan siswa, pengalaman siswa, personalitas siswa, dan kepuasan siswa, (5) pelaksanaan prakerin program keahlian Teknik Mesin di SMK Negeri 2 Surakarta memberikan lima manfaat yakni meningkatkan kualitas pendidikan di SMK Negeri 2 Surakarta, meningkatkan keterampilan praktik siswa, menambah pengalaman praktik siswa, meningkatkan personalitas siswa, dan meningkatkan kepuasan siswa dalam praktik kerja industri. Kata kunci: SMK, praktik kerja industri, evaluasi, CIPP

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 25 Feb 2016 19:03
    Last Modified: 25 Feb 2016 19:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23793

    Actions (login required)

    View Item