PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SEBAGAI STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN SIKAP POSITIF DAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI SPLDV DI SMP N 1 GROGOL TAHUN AJARAN 2014/2015

S, AHMAD SYAIKU (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SEBAGAI STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN SIKAP POSITIF DAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI SPLDV DI SMP N 1 GROGOL TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF
Download (81Kb)

    Abstract

    Ahmad Syaiku S. PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SEBAGAI STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN SIKAP POSITIF DAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI SPLDV DI SMP NEGERI 1 GROGOL TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. November 2015. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang dapat meningkatkan sikap positif dan pemahaman pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Grogol dan untuk mengetahui peningkatan sikap positif dan pemahaman siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Grogol tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 32 siswa. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari guru matematika dan siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Grogol. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data sikap positif siswa diperoleh dari hasil observasi selama proses pembelajaran, data pemahaman diperoleh dari hasil tes akhir siklus dan dokumentasi. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah sikap positif siswa berada dalam kategori tinggi dan setidaknya 75% siswa mencapai level skor lebih dari atau sama dengan 2 untuk setiap indikator pemahaman siswa berdasarkan KTSP tahun 2006. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa langkah pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang dapat meningkatkan sikap positif dan pemahaman siswa adalah: 1) Kegiatan awal, guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru menginformasikan pembagian kelompok belajar siswa dalam mengerjakan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada kegiatan inti. Guru menginformasikan bahwa akan ada penghargaan diakhir pembelajaran bagi siswa yang aktif selama proses pembelajaran. Kemudian siswa diberikan apersepsi. 2) Kegiatan inti, siswa dihadapkan kepada masalah yang memancing siswa untuk berpikir. Guru memberikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan nyata dan mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari. Guru dapat menambahkan gambar ilustrasi agar siswa tidak kebingungan. Sebelum siswa mengerjakan LKS, guru menjelaskan cara mengerjakan LKS. Guru juga selalu memotivasi siswa untuk bekerja secara berkelompok. Saat presentasi hasil diskusi, guru harus memberikan motivasi kepada kelompok yang tidak presentasi agar berani bertanya atau mengungkapkan pendapatnya, jika ada hal-hal yang belum dipahami. Guru juga dapat menunjuk siswa yang belum presentasi agar memberikan tanggapan hasil presentasi. Kemudian guru memberikan penghargaan kepada siswa yang aktif selama proses pembelajaran. 3) Kegiatan penutup, guru merefleksi hasil pembelajaran dengan proses tanya jawab dan guru dapat menunjuk siswa jika tidak ada yang angkat tangan. Kemudian guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran yang telah dipelajari pada hari itu. Guru menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya. Berdasarkan hasil observasi, persentase rata-rata sikap positif siswa pada prasiklus sebesar 33,13%. Pada siklus I rata-rata sikap positif siswa mengalami peningkatan sebesar 27,19% menjadi 60,32% dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 15,15% menjadi 75,47%. Sedangkan dari hasil tes, pada indikator menyatakan ulang suatu konsep meningkat sebesar 6,25%, untuk indikator menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representatif matematis meningkat sebesar 12,50%, untuk indikator menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu meningkat sebesar 24,99%, dan pada indikator mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah meningkat sebesar 19,25%. Berdasarkan hasil observasi selama proses pembelajaran dan hasil tes siklus dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan sikap positif dan pemahaman siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Grogol tahun ajaran 2014/2015. Hal ini dapat dilihat dari ketercapaian indikator keberhasilan yaitu sikap positif siswa berada dalam kategori tinggi dan 75% siswa mencapai level skor lebih dari sama dengan 2 untuk setiap indikator pemahaman siswa. Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), sikap positif, pemahaman

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 25 Feb 2016 14:08
    Last Modified: 25 Feb 2016 14:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23782

    Actions (login required)

    View Item