JILBAB SEBAGAI IDENTITAS DIRI DI LINGKUNGAN SEKOLAH (Fenomena Pemakaian Jilbab Oleh Siswi Kelas XI SMA Negeri 3 Sragen)

LISDIYASTUTI, ELISA (2016) JILBAB SEBAGAI IDENTITAS DIRI DI LINGKUNGAN SEKOLAH (Fenomena Pemakaian Jilbab Oleh Siswi Kelas XI SMA Negeri 3 Sragen). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (1228Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Elisa Lisdiyastuti. K8409021. JILBAB SEBAGAI IDENTITAS DIRI DI LINGKUNGAN SEKOLAH (Fenomena Pemakaian Jilbab Oleh Siswi Kelas XI SMA Negeri 3 Sragen). Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, November 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) alasan siswi kelas XI SMA Negeri 3 Sragen mengenakan jilbab di sekolah (2) dan dampak pemakaian jilbab pada siswi kelas XI SMA Negeri 3 Sragen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Strategi penelitian dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Sumber data diperoleh dari studi pustaka, peristiwa atau aktivitas, tempat atau lokasi, informan yaitu siswi kelas XI SMA Negeri 3 Sragen yang menggunakan jilbab. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik purpossive sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara mendalam, observasi nonpartisipatif dan dokumentasi. Dalam menguji validitas data, peneliti menggunakan teknik triangulasi data atau sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Hasil penelitian dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut: (1) alasan pemakaian jilbab oleh siswi kelas XI SMA Negeri 3 Sragen sangatlah beragam, diantaranya karena syariat agama, motivasi dari lingkungan sekitar, untuk menunjang penampilan, dan karena adanya paksaan dari orang tua. (2) berbagai dampak yang ditimbulkan dari antusiasme siswi untuk mengenakan jilbab di sekolah, baik dampak positif maupun negatif. Adapun dampak positifnya adalah adanya pembentukan citra diri atau identitas diri bagi siswi yang mengenakan jilbab sebagai perempuan yang alim, terhormat dan mulia. Jilbab juga dapat memberikan ketenangan bagi siswi, siswi merasa lebih terjaga dirinya dari godaan laki – laki. Sedangkan dampak negatifnya adalah pemakaian jilbab yang tidak sesuai dengan syariat agama, beberapa siswi mengenakan jilbab secara “buka-tutup” atau tidak rutin (hanya di sekolah atau kegiatan tertentu saja), pemakaian jilbab tidak membangun keaktifan mereka dalam organisasi yang dapat mengembangkan pengetahuan mereka dalam bidang keagamaan. Pemakaian jilbab oleh para siswi ini untuk menunjukkan bahwa jilbab dijadikan sebagai suatu tindakan rasional dan pemakaian jilbab membentuk identitas diri pada pemakainya. Kata kunci : identitas diri, jilbab, tindakan sosial

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 25 Feb 2016 13:52
    Last Modified: 25 Feb 2016 13:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23781

    Actions (login required)

    View Item