PERLINDUNGAN HAK-HAK FUNDAMENTAL PEREMPUAN DALAM SITUASI KONFLIK DI INDONESIA (STUDI KASUS AMBON-MALUKU TAHUN 1999-2002)

Trisuseno, Dimas (2015) PERLINDUNGAN HAK-HAK FUNDAMENTAL PEREMPUAN DALAM SITUASI KONFLIK DI INDONESIA (STUDI KASUS AMBON-MALUKU TAHUN 1999-2002). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (501Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian antara hukum nasional dan hukum internasional mengenai perlindungan hak-hak fundamental perempuan dalam situasi konflik di Ambon dan menjelaskan hukum apa yang dapat berlaku dan diterapkan dalam konflik Ambon dan menjelaskan bentuk bentuk perlindungan perempuan dalam situasi konflik. Penulisan hukum ini termasuk dalam penulisan hukum normatif yang bersifat preskriptif. Jenis bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum yang digunakan yaitu studi kepustakaan. Teknik analisis yang digunakan dengan metode interpretasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa hukum nasional Indonesia belum sepenuhnya sesuai dengan hukum Internasional, hukum yang berlaku adalah hukum nasional negara Indonesia dan hukum hak asasi internasional yang sudah ditransformasikan menjadi peraturan perundang-undangan di Indonesia. Bentuk perlindungan hak-hak fundamental perempuan yaitu pembentukan peraturan khusus perempuan, pembangunan sarana dan fasilitas khusus perempuan dan penegakkan sanksi bagi para pelanggarnya. Seyogyanya Indonesia dapat memenuhi standar perlindungan seperti yang ada pada standar hukum Internasonal. Kata Kunci: Perlindungan hak, hak fundamental perempuan, Konflik Ambon

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 25 Feb 2016 13:20
    Last Modified: 25 Feb 2016 13:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23775

    Actions (login required)

    View Item