STRATEGI PENDISIPLINAN SISWA ASRAMA PUTRI SMA MTA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Studi Kasus Pelanggaran Siswa Asrama Putri SMA MTA Surakarta)

SHOLIKHAH, UMMU SITI (2016) STRATEGI PENDISIPLINAN SISWA ASRAMA PUTRI SMA MTA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Studi Kasus Pelanggaran Siswa Asrama Putri SMA MTA Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (317Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Ummu Siti Sholikhah. K8411068. STRATEGI PENDISIPLINAN SISWA ASRAMA PUTRI SMA MTA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Studi Kasus Pelanggaran Siswa Asrama Putri SMA MTA Surakarta). Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. September 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk pelanggaran siswa, strategi pendisiplinan siswa dan dampak pemberian sanksi bagi siswa yang melanggar aturan asrama. Penelitian ini dilaksanakan di asrama putri SMA MTA Surakarta dengan subjek penelitian siswa asrama putri 1, 2, 3, 4 dan 5 yang pernah melakukan pelanggaran. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Sumber data berasal dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan informan kunci yaitu siswa asrama putri 1, 2, 3, 4 dan 5 yang pernah melanggar aturan dan informan pendukung adalah pengurus, pembina dan pengasuh asrama. Observasi berkaitan dengan bentuk-bentuk pelanggaran yang dilakukan siswa dan strategi pendisiplinan yang diterapkan di asrama. Dokumen yang digunakan berupa data pelanggaran siswa asrama dan buku tata tertib asrama. Teknik pengambilan informan menggunakan cara purposive. Teknik analisa data menggunakan model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada dua tipe bentuk pelanggaran yang dilakukan siswa yaitu pelanggaran yang tergolong sering dan jarang dilakukan siswa di Asrama. Pelanggaran yang sering dilakukan yaitu terlambat sholat ke masjid, pulang ke rumah tanpa ijin pembina atau pengasuh asrama, terlambat berangkat ahad pagi, terlambat kembali keasrama, terlambat pengisian ke aula, tidur setelah sholat subuh dan pelanggaran yang jarang dilakukan yaitu bergaul bebas dengan lawan jenis yang bukan mahrom. Strategi pendisiplinan yang di terapkan di asrama yaitu doktrinasi keberadaan Tuhan dalam kehidupan siswa, pengawasan melalui tulisan, pengawasan melalui konstruksi keruangan, pencatatan pelanggaran, menyamakan aturan di semua asrama putri, menerapkan hukuman secara bertahap, pengawasan melalui pengurus, pembina dan pengasuh asrama, dan kontrol aktivitas siswa. Dampak sanksi bagi siswa yang melanggar aturan yaitu siswa yang produktif akan merasa jera dan taat pada aturan sedangkan siswa yang kontraproduktif tidak akan merasa jera dan mengulangi pelanggaran. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pendisiplinan siswa yang diterapkan di asrama putri SMA MTA Surakarta belum mengacu pada pada pendisiplinan Michel Foucault karena belum menyentuh level kesadaran sehingga diperlukan strategi pendisiplinan yang menyentuh kesadaran siswa. Kata Kunci : Strategi, pendisiplinan, siswa dan asrama

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 25 Feb 2016 12:12
    Last Modified: 25 Feb 2016 12:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23758

    Actions (login required)

    View Item