PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK N 1 SAWIT PADA MATA PELAJARAN MEMPERBAIKI SISTEM INJEKSI BAHAN BAKAR DIESEL

TRIYATNO, SUNU (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK N 1 SAWIT PADA MATA PELAJARAN MEMPERBAIKI SISTEM INJEKSI BAHAN BAKAR DIESEL. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (40Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Sunu Triyatno. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK N 1 SAWIT PADA MATA PELAJARAN MEMPERBAIKI SISTEM INJEKSI BAHAN BAKAR DIESEL. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2015. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk membuktikan peningkatan aktivitas belajar siswa kelas XI TKR 1 SMK N 1 Sawit Boyolali pada mata pelajaran Memperbaiki Sistem Injeksi Bahan Bakar Diesel dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) (2) Untuk membuktikan peningkatan pemahaman belajar siswa kelas XI TKR 1 SMK N 1 Sawit Boyolali pada mata pelajaran Memperbaiki Sistem Injeksi Bahan Bakar Diesel dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR 1 SMK N 1 Sawit Boyolali. Sumber data berasal dari hasil lembar amatan aktivitas belajar siswa kelas XI TKR 1 dan hasil tes pemahaman belajar siswa kelas XI TKR 1 SMK N 1 Sawit Boyolali. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik tes yang berupa butir-butir soal tes tertulis dan non tes berupa lembar observasi aktivitas belajar siswa yang diambil selama pelaksanaan tindakan. Validitas data menggunakan validitas isi untuk data dari tes belajar dan validitas konstruk untuk validasi non tes. Prosedur penelitian ini terdiri dari rangkaian empat kegiatan yang dilakukan dalam siklus berulang, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran Memperbaiki Sistem Injeksi Bahan Bakar Diesel kelas XI TKR 1 SMK N 1 Sawit. Hal ini dapat dibuktikan melalui data hasil penelitian sebagai berikut: (1) Aktivitas belajar pra siklus sebesar 45,45%. Siklus I aktivitas belajar mencapai 66,67%. Siklus II aktivitas belajar mencapai 81,82%. (2) Ketuntasan tes pemahaman belajar pada Prasiklus sebesar 48,48%. Siklus I ketuntasan tes pemahaman belajar siswa sebesar 66,67%. Siklus II ketuntasan tes pemahaman belajar siswa sebesar 81,82%. Kata kunci: Teams Games Tournament, Aktivitas Belajar, Pemahaman Belajar, Penelitian Tindakan Kelas, Memperbaiki Sistem Injeksi Bahan Bakar Diesel

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 24 Feb 2016 17:13
    Last Modified: 24 Feb 2016 17:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23751

    Actions (login required)

    View Item