Pengaruh Arus Listrik dan Holding Time terhadap Sifat Fisik dan Mekanik Sambungan Spot Tig Welding Material tak Sejenis antara Baja dan Paduan Aluminium

FAOZI, SOFYAN (2016) Pengaruh Arus Listrik dan Holding Time terhadap Sifat Fisik dan Mekanik Sambungan Spot Tig Welding Material tak Sejenis antara Baja dan Paduan Aluminium. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (596Kb) | Preview

    Abstract

    Dalam studi ini, pengaruh parameter arus listrik dan waktu pengelasan terhadap sifat fisik dan mekanik sambungan las spot TIG material tak sejenis SS400 dan AA5083 telah diteliti. Gas pelindung yang digunakan dalam penelitian ini yaitu argon dengan laju alir gas dibuat konstan. Parameter pengelasan divariasikan dengan arus listrik 70 A; 80 A; 90 A; 100A dan waktu pengelasan 6 detik, 7 detik dan 8 detik. Pengujian struktur mikro, tarik geser dan kekerasan microvickers dilakukan untuk mengetahui sifat fisik mekanik sambungan las. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan meningkatnya arus listrik dan waktu pengelasan mengakibatkan kapasitas beban dukung tarik geser meningkat dan kekerasan menurun. Pengelasan dengan arus listrik 100 A dan waktu pengelasan 8 detik menghasilkan kapasitas dukung beban tarik geser tertinggi yaitu 869,16 N. Peningkatan arus listrik dan waktu pengelasan menyebabkan diameter nugget semakin meningkat. Nilai kekerasan semakin menurun dengan meningkatnya arus listrik dan waktu pengelasan. Hal ini dikarenakan meningkatnya arus listrik dan waktu pengelasan maka masukan panas akan menjadi besar, sehingga menyebabkan pendinginan semakin lambat dan daerah HAZ mengalami pembesaran ukuran butir.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Mesin
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 24 Feb 2016 17:07
    Last Modified: 24 Feb 2016 17:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23749

    Actions (login required)

    View Item