DAMPAK DESENTRALISASI FISKAL TERHADAP OUTCOMES BIDANG KESEHATAN DAN PENDIDIKAN KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2013

HIRBASARI, IRA AMANDA (2016) DAMPAK DESENTRALISASI FISKAL TERHADAP OUTCOMES BIDANG KESEHATAN DAN PENDIDIKAN KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2013. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (326Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh Desentralisasi Fiskal terhadap Angka Kematian Bayi (AKB) dan Angka Melanjutkan (AM) SMP/MTs. Selain mengukur pengaruh dari pelaksanaan Desentralisasi Fiskal terhadap AKB dan AM-SMP/MTs, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji indikator Desentralisasi Fiskal Dari Sisi Penerimaan dan Sisi Pengeluaran. Hal ini bertujuan untuk menemukan indikator Desentralisasi Fiskal yang dapat menggambarkan Derajat Desentralisasi pada Jawa Tengah. Dalam penelitian ini jenis data yang digunakan adalah data cross section. Data cross section pada penelitian ini mencakup 35 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah, pada tahun 2013. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan metode Ordinary Least Square (OLS). Berdasarkan hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa indikator Desentralisasi Fiskal yang tepat dalam menggambarkan Derajat Desentralisasi Fiskal pada kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah adalah indikator Desentralisasi Fiskal yang diukur dari sisi pendapatan. Indikator Desentralisasi Fiskal Pada Sisi Pendapatan ini merupakan Rasio Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap Total Pendapatan Daerah (TPD). Berdasarkan indikator Desentralisasi Fiskal ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Desentralisasi Fiskal membawa dampak positif bagi AKB dan AM-SMP/MTs. Apabila Derajat Desentralisasi Fiskal meningkat sebesar satu persen maka, akan menurunkan AKB sebanyak 0,034 persen serta meningkatkan AM-SMP/MTs sebanyak 0,004 persen.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Ekonomi dan Studi Pembangunan
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 24 Feb 2016 16:34
    Last Modified: 24 Feb 2016 16:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23739

    Actions (login required)

    View Item