Hubungan Penggunan Ruang Parkir Sepeda Motor dengan Penggunaan Waktu Mahasiswa di Kampus UNS

FAUZI, ICHSAN ALI (2016) Hubungan Penggunan Ruang Parkir Sepeda Motor dengan Penggunaan Waktu Mahasiswa di Kampus UNS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (195Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Ichsan Ali Fauzi, 2015, Pengujian Model Hubungan Kebutuhan Ruang Parkir Sepeda Motor dengan Penggunaan Waktu Mahasiswa di Kampus UNS. Kebutuhan ruang parkir sepeda motor di kampus UNS sangat dipengaruhi oleh besar alokasi waktu yang digunakan mahasiswa di kampus. Hal ini telah diteliti oleh Asngad (2015) yang menyampaikan hubungan nilai penggunaan satu ruang parkir sepeda motor selama jam aktif (Y) dan durasi waktu kuliah (X1), durasi waktu menunggu antar jam perkuliahan (X2), durasi waktu kegiatan organisasi (X3) dan durasi waktu mengerjakan tugas di kampus (X4) sebagai Y=4,954-0,009X1-0,011X2-0,009X3-0,009X4 dengan R2 =0,799. Kondisi meminimalisir waktu tunggu antar jam kuliah, semestinya dapat direkomendasikan untuk seluruh fakultas yang ada di UNS, dengan catatan jika model yang didapatkan di Fakultas Teknik tidak berbeda dengan hasil yang diperoleh di fakultas lain. Untuk itu penelitian ini akan melakukan pengujian model yang diperoleh di Fakultas Teknik (FT) dengan hasil yang diperoleh di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer antara lain data mengenai kebutuhan waktu parkir serta durasi kegiatan masing-masing mahasiswa dan data parkir. Sedangkan data sekundernya adalah model dari FT. Pengujian model dilakukan dengan cara menerapkan model yang ada di FT yang berupa Y = 4,954 – 0,009X₁ – 0,011X₂ – 0,009X₃ – 0,009X₄ pada FKIP. Variabel-variabel X yang didapat di FKIP berupa X1,X2,X3,X4 akan di masukkan dalam persamaan diatas sehingga menghasilkan nilai YFT. Dari nilai YFT yang didapat akan dibandingkan dengan Y yang ada di FKIP. Analisis yang dipakai menggunakan hipotesisi asosiatif dengan metode korelasi pearson, yang mana akan diketahui seberapa besar hubungan antar variabel YFKIP dengan YFT. Hasil analisis menunjukkan nilai korelasi antara variabel YFKIP dan YFT sebesar 0,927 (senin), 0,902(rabu), 0,649(jum’at), dan jika data digabung untuk ketiga hari tersebut maka didapatkan nilai sebesar 0,821. Dari hasil tersebut dapat dilihat adanya hubungan yang kuat antar variabel, sehingga model FT dapat direkomendasikan juga di FKIP. Kata kunci: uji model, parkir, sepeda motor, kampus.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 24 Feb 2016 16:29
    Last Modified: 24 Feb 2016 16:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23738

    Actions (login required)

    View Item