POTENSI KONDISI GEOGRAFIS DAN KEHIDUPAN SOSIAL BUDAYA DI DAERAH GUNUNG RINJANI PULAU LOMBOK NUSA TENGGARA BARAT SEBAGAI MEDAN PEMBIBITAN DAN PEMANDUAN BAKAT OLAHRAGA (Identifikasi Bakat Olahraga Menggunakan Metode Sport Search pada Anak Usia 11-14 Tahun)

Daniyantara, Didik (2015) POTENSI KONDISI GEOGRAFIS DAN KEHIDUPAN SOSIAL BUDAYA DI DAERAH GUNUNG RINJANI PULAU LOMBOK NUSA TENGGARA BARAT SEBAGAI MEDAN PEMBIBITAN DAN PEMANDUAN BAKAT OLAHRAGA (Identifikasi Bakat Olahraga Menggunakan Metode Sport Search pada Anak Usia 11-14 Tahun). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (300Kb) | Preview

    Abstract

    Latar belakang: pembibitan dan pemanduan bakat olahraga hendaknya dilakukan pada usia dini dengan menggunakan metode Sport Search. namun identifikasi bakat olahraga dilihat dari segi daerah tempat tinggal, kehidupan sosial berpotensi melahirkan bakat olahraga tertentu. Tujuan: (1) untuk menganalisis potensi kondisi geografis daerah gunung Rinjani sebagai medan pembibitan dan pemanduan bakat olahraga. (2) untuk menganalisis kehidupan sosial budaya di daerah gunung Rinjani sebagai medan pembibitan dan pemanduan bakat olahraga. (3) untuk menganalisis bakat olahraga yang dimiliki oleh anak-anak yang tinggal di daerah gunung Rinjani dari hasil penerapan metode Sport Search. Metode: menggunakan dua pendekatan yakni pendekatan semi kualitatif dan kuantitatif. Observasi, wawancara, dokumen pencatatan asupan gizi (Recall 24 Hours), dan metode Sport Search digunakan untuk mengetahui bakat olahraga. Hasil: Kondisi alam dan kehidupan sosial budaya masyarakat yang tinggal di daerah gunung Rinjani berpotensi dijadikan tempat pembibitan dan pemanduan bakat suatu cabang olahraga. Aktivitas yang dilakukan oleh penduduk yang tinggal di daerah gunung Rinjani ada kemungkinan berhubungan dengan keberbakatan seseorang dalam berolahraga, contohnya seperti berjalan kaki, dengan kondisi jalan yang tidak rata atau berbukit tentunya akan merangsang perkembangan otot menjadi lebih kuat, dengan kebiasaan berjalan kaki setiap hari, bisa saja akan berpotensi memunculkan bakat olahraga-olahraga yang berkaitan dengan kemampuan gerak kaki yang baik seperti olahraga jalan cepat, lari, lompat tinggi, lompat jauh dan lain-lain. Ada indikasi akan munculnya suatu bakat cabang olahraga yang ditimbulkan dari aktivitas sehari-hari masyarakat yang tinggal di daerah gunung Rinjani. Kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat Rinjani telah membentuk karakter yang berbeda dari penduduk yang tinggal di daerah lain, hal ini tentunya dapat dimanfaatkan untuk pembibitan dan pemanduan bakat olahraga. Kesimpulan: (1) Masyarakat yang tinggal di daerah gunung Rinjani memiliki kondisi fisik yang cukup baik, terutama pada ekstremitas bawah atau kekuatan otot kaki dan sistem pernafasan yang baik sehingga berpotensi untuk diarahkan pada cabang olahraga yang sesuai dengan karakter mereka seperti cabang olahraga atletik.(2) Kebudayaan nyeran (berburu) yang dimiliki oleh penduduk Rinjani mirip dengan gerakan pada cabang olahraga lempar lembing, sehingga berpotensi diarahkan ke cabang olahraga lempar lembing (3). Hasil penerapan aplikasi Sport Search menunjukkan bahwa bakat olahraga anak-anak yang berusia 11 -14 tahun di daerah Rinjani adalah olahraga Athletic khususnya Sprint Running. Kata Kunci: Gografis, Sosial Budaya, Gunung Rinjani, Pembibitan Dan Pemanduan Bakat Olahraga, Sport Search

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Keolahragaan
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 24 Feb 2016 13:33
    Last Modified: 24 Feb 2016 13:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23733

    Actions (login required)

    View Item