PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MULTIMEDIA DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA TENTANG DAUR AIR PADA SISWA KELAS V SDN WONOTORO TAHUN AJARAN 2014/1015

Atmoko, Didik Budi (2015) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MULTIMEDIA DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA TENTANG DAUR AIR PADA SISWA KELAS V SDN WONOTORO TAHUN AJARAN 2014/1015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1023Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini yaitu: 1) untuk meningkatkan pembelajaran IPA tentang daur air dengan penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dengan multimedia; dan 2) untuk mendeskripsikan kendala dan solusi penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dengan multimedia dalam peningkatan pembelajaran IPA tentang daur air pada siswa kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan setiap pertemuan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Wonotoro Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 22 siswa. Sumber data berasal dari siswa, guru, dan observer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dengan menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dengan multimedia dapat meningkatkan pembelajaran IPA tentang daur air pada siswa kelas V SDN Wonotoro tahun ajaran 2014/2015 jika dilakukan dengan langkah-langkah yaitu: a) orientasi siswa pada masalah dengan multimedia, (b) pengorganisasian siswa untuk belajar dengan multimedia, (c) membimbing penyelidikan siswa (individual maupun kelompok) dengan multimedia, (d) mengembangkan dan menyajikan hasil kerja atau diskusi, (e) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah dengan multimedia. Peningkatan terjadi pada setiap siklusnya, yaitu pada siklus I ketuntasan belajar siswa mencapai 72,73%, meningkat menjadi 86,36% pada siklus II, dan meningkat lagi menjadi 95,46% pada siklus III. Simpulan penelitian ini adalah: 1) penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dengan multimedia dengan langkah-langkah yang tepat dapat meningkatkan pembelajaran IPA tentang daur air, dan 2) kendala yang dihadapi yaitu: (a) guru belum mampu mengelola pembelajaran dengan baik, (b) guru belum menguasai multimedia yang digunakan, (c) guru belum menyampaikan secara jelas langkah-langkah pengerjaan lembar kerja siswa, (d) guru belum mengelola waktu dengan baik, e) guru tidak memberikan kesempatan kepada kelompok yang bersedia menyampaikan hasil diskusi secara sukarela, (f) siswa kurang memperhatikan penjelasan materi dari guru, (g) ada siswa yang kurang aktif dalam berdiskusi kelompok, (h) ada siswa yang kurang memperhatikan ketika penyampaian hasil diskusi, dan (i) siswa masih terlihat malu dan takut untuk bertanya. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Multimedia, IPA SD

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 24 Feb 2016 13:25
    Last Modified: 24 Feb 2016 13:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23732

    Actions (login required)

    View Item