PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DIALOG MENGGUNAKAN UNGGAH-UNGGUH BASA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS VII G SMP NEGERI 1 BANYUDONO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Widyastuti, Diarny (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DIALOG MENGGUNAKAN UNGGAH-UNGGUH BASA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS VII G SMP NEGERI 1 BANYUDONO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (772Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk mengetahui pengaruh proses pembelajaran menulis dialog menggunakan unggah-ungguh basa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Pada proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pemecahan masalah siswa dibagi dalam kelompok-kelompok dan satu kelompok terdiri dari empat orang siswa. Kemudian, keempat anggota tersebut dipecah menjadi dua pasangan untuk lebih mempermudah pembagian tugas dalam kelompok. Setiap pasangan berdiskusi untuk menyelesaikan suatu permasalah yang diberikan oleh guru, kemudian pasangan-pasangan tersebut kembali pada kelompok masing-masing untuk mendiskusikan kembali hasil kerja secara bersama-sama. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data menggunakan tes, angket, observasi, dan wawancara, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif. Proses dan hasil pembelajaran keterampilan menulis dialog menggunakan unggah-ungguh basa dari prasiklus, siklus I, dan siklus II mengalami peningkatan. Pada prasiklus hanya 14 siswa yang tuntas atau dengan persentase 45,75% menjadi 25 siswa yang tuntas dengan persentase 78,12% pada siklus I, dan menjadi 32 siswa yang tuntas atau dengan persentase 100% pada siklus II. Selain itu, rata-rata nilai juga mengalami peningkatan dari 75,31 pada prasiklus menjadi 80,71 pada siklus I dan menjadi 83,59 pada siklus II. Keaktifan siswa, minat siswa dalam mengikuti pembelajaran, perhatian terhadap pemodelan, dan kerjasama saat berdikusi juga mengalami peningkatan tiap siklus, yaitu 43,75% pada prasiklus menjadi 62,50% pada siklus I dan terakhir menjadi 93,75 pada siklus II. Hal ini didapatkan dari hasil tes yang diberikan guru kepada siswa dan observasi di dalam proses pembelajaran berlangsung. Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan keterampilan menulis dialog menggunakan unggah-ungguh basa siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Banyudono tahun pelajaran 2014/2015. Kata Kunci : Menulis dialog, Unggah-ungguh basa, Think Pair Share.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Jawa
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 24 Feb 2016 13:22
    Last Modified: 24 Feb 2016 13:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23731

    Actions (login required)

    View Item