UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR AKUNTANSI MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA MONOPOLI PADA KELAS X AK-2 SMK NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Puspitaweni, Dianita (2015) UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR AKUNTANSI MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA MONOPOLI PADA KELAS X AK-2 SMK NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (501Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar akuntansi melalui pembelajaran Problem Based Learning dan Think Pair Share dengan media monopoli pada kelas X AK-2 SMK Negeri 6 Surakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek siswa kelas X AK-2 SMK Negeri 6 Surakarta yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu (a) perencanaan tindakan, (b) pelaksanaan tindakan, (c) observasi dan interpretasi, dan (d) analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Sumber data yang dilakukan berasal dari guru, siswa, aktivitas pembelajaran, dan hasil tes siswa.Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi, sedangkan validitas data menggunakan teknik triangulasi metode dan penyidik. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Problem Based Learning dan Think Pair Share dengan media monopoli dapat meningkatkan keaktifan belajar akuntansi siswa. Hal ini ditunjukkan dengan presentase keaktifan belajar siswa yang mengalami kenaikan dari pratindakan sampai siklus III. Pada siklus I keaktifan mengalami kenaikan sebesar 14,50% yaitu dari 50% menjadi 64,50%, pada siklus II keaktifan mengalami kenaikan sebesar 9,125%, yaitu dari 64,50% menjadi 73,625%, dan pada siklus III juga mengalami kenaikan keaktifan belajar sebesar 8,755%, yaitu dari 73,625% menjadi 82,38%. Selain itu, nilai tes hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pratindakan sampai siklus III. Pada siklus I tes hasil belajar siswa mengalami kenaikan sebesar 12,5%, yaitu dari 34,375% menjadi 46,875%, pada siklus II mengalami kenaikan sebesar 12,5%, yaitu dari 46,875% menjadi 59,375%, dan pada siklus III juga mengalami kenaikan sebesar 18,6%, yaitu dari 59,375% menjadi 78%. Demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Problem Based Learning dan Think Pair Share dengan media monopoli dapat meningkatkan keaktifan belajar akuntansi pada kelas X AK-2 SMK Negeri 6 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Kata Kunci: Keaktifan Belajar, hasil belajar, Problem Based Learning, Think Pair Share, monopolI

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 24 Feb 2016 13:17
    Last Modified: 24 Feb 2016 13:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23730

    Actions (login required)

    View Item