ANALISIS KEKUATAN DAN KELEMAHAN INTERNAL UNTUK PENENTUAN STRATEGI BERSAING PADA ADITEX BANGUN CIPTA KLATEN

Dwi N, Dian (2015) ANALISIS KEKUATAN DAN KELEMAHAN INTERNAL UNTUK PENENTUAN STRATEGI BERSAING PADA ADITEX BANGUN CIPTA KLATEN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (296Kb) | Preview

    Abstract

    Kondisi bisnis saat ini mengharuskan perusahaan lebih tangguh dalam menghadapi persaingan. Untuk dapat melakukan hal tersebut perlu dilakukan langkah dari internal perusahaan. Mengetahui kekuatan dan kelemahan internal perusahaan merupakan hal yang harus dimiliki oleh perusahaan. Dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan internal perusahaan akan mampu menentukan strategi bersaing apa yang akan digunakan. Penulisan tugas akhir ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan internal pada Aditex Bangun Cipta dan untuk mengetahui strategi bersaing apa yang tepat untuk perusahaan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunak an analisis prestasi-kepentingan dan analisis varian satu arah dapat diketahui kekuatan dan kelemahan internal perusahaan. Melalui langkah tersebut perusahaan dapat menentukan strategi bersaingnya. Hasil dari analisis internal kemudian dipetakan kedalam matriks prestasi-kepentingan. Dari keempat aspek internal perusahaan yaitu, bidang pemasaran, bidang produksi, bidang keuangan, bidang organisasi, hanya bidang organisasi yang kondisinya tidak begitu baik. Untuk menentukan strategi bersaing diambilah kekuatan perusahaan yang paling menonjol diantara yang lain. Pada Aditex Bangun Cipta kekuatan yang paling menonjol adalah keunggulan bahan mentah dan kapasitas memenuhi permintaan. Keunggulan tersebut dapat dijadikan strategi perusahaan. Strategi diferensi tepat untuk perusahaan tersebut, perusahaan memiliki suatu strategi pembeda dengan perusahaan lain. Berdasarkan pembahasan dan kesimpulan yang telah dikemukakan, saran yang dapat diterapakan pada perusahaan diantaranya adalah dengan memperbaiki kelemahan-kelamahan perusahaan dan mempertahankan kekuatan yang dimiliki perusahaan. Untuk penerapan strategi bersaing diferensi perusahaan hanya perlu memaksimalkan kondisi yang telah ada.Untuk keunggulan bahan mentah, perusahaan hanya perlu mengoptimalkan manajemen persediaan bahan mentah dan membuatstok minimal bahan mentah yang dimiliki. Sedangkan kapasitas memenuhi permintaan kembali lagi pada bagaiman perusahaan dapat mengatur stok dan kemampuan produksinya. Kata Kunci: Kekuatan, Kelemahan, Internal, dan Strategi Bersaing

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Bisnis
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 24 Feb 2016 13:00
    Last Modified: 24 Feb 2016 13:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23726

    Actions (login required)

    View Item