ANALISIS PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN IKLIM TIM PADA KOMITMEN ORGANISASI DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI MEDIASI (Studi Pada Karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Sukoharjo)

Setyowati, Diah (2015) ANALISIS PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN IKLIM TIM PADA KOMITMEN ORGANISASI DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI MEDIASI (Studi Pada Karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Sukoharjo). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (521Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional pada komitmen organisasi, pengaruh kepemimpinan transformasional pada kepuasan kerja, pengaruh iklim tim pada kepuasan kerja, pengaruh kepuasan kerja pada komitmen organisasi dan peran kepuasan kerja dalam memediasi kepemimpinan transformasional pada komitmen organisasi. Sampel penelitian adalah karyawan tetap PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Sukoharjo yaitu sebanyak 200 responden. Adapun metode yang digunakan untuk pengambilan sampel ini adalah menggunakan metode non probability sampling serta teknik quota sampling. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM). Hasil terhadap pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional tidak berpengaruh pada komitmen organisasional, kepemimpinan transformasional berpengaruh signifikan pada kepuasan kerja, iklim tim berpengaruh signifikan pada kepuasan kerja serta kepuasan kerja berpengaruh signifikan pada komitmen organisasi. Variabel kepuasan kerja mampu memediasi kepemimpinan transformasional pada komitmen organisasi. Kata kunci : kepemimpinan transformasional, iklim tim, kepuasan kerja, komitmen organisasi

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Manajemen
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 24 Feb 2016 12:48
    Last Modified: 24 Feb 2016 12:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23724

    Actions (login required)

    View Item