ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA BAGIAN PRODUKSI ROKOK SKM (SIGARET KRETEK MESIN) DI PT. DJITOE INDONESIA TOBAKO

Purwaningsih, Diah (2015) ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA BAGIAN PRODUKSI ROKOK SKM (SIGARET KRETEK MESIN) DI PT. DJITOE INDONESIA TOBAKO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (330Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah mengatahui bagaimana implementasi kebijakan keselamatan dan kesehatan kerja di PT. Djitoe Indonesia Tobako. Penelitian ini juga bertujuan mengetahui faktor – faktor yang menyebabkan timbulnya masalah ketika kebijakan tersebut diterapkan di bagian produksi rokok sigarete kretek mesin. Penelitian ini dilakukan menggunakan teknik analisis deskriptif dengan membandingkan implementasi kebijakan keselamatan dan kesehatan kerja PT. Djitoe Indonesia Tobako dan undang-undang keselamatan dan kesehatan kerja yang berlaku. Analisis data juga dilakukan dengan menggunakan domino effect dari teori domino H.W. Heinrich untuk mengetahui faktor yang menjadi penyebab kecelakaan kerja. Hasil dari analisis data dalam penelitian ini menyimpulkan bahwa kebijakan keselamatan dan kesehatan kerja pada bagian produksi PT. Djitoe Indonesia Tobako belum sepenuhnya efektif. Analisis data dalam penelitian ini juga menyimpulkan bahwa kecelakaan kerja dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu: (1)situasi kerja, (2) kesalahan orang, (3) tindakan tidak aman. Kata Kunci: Implementasi, Kebijakan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Undang-undang, Domino Effect.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Bisnis
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 24 Feb 2016 12:38
    Last Modified: 24 Feb 2016 12:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23722

    Actions (login required)

    View Item