PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI SEMESTER GENAP KELAS XI IIS3 SMA N 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Kurniawati, Diah Khoiri (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI SEMESTER GENAP KELAS XI IIS3 SMA N 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (493Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi semester genap kelas XI IIS 3 SMA N 5 Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdapat 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IIS 3 semester genap SMA N 5 Surakarka tahun ajaran 2014.2015 yang berjumlah 31 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah : observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model problem based learning pada mata pelajaran sosiologi terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik kelas XI IIS 3 SMA N 5 Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Kata Kunci : Problem based learning, dan berpikir kritis, peserta didik.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 24 Feb 2016 12:34
    Last Modified: 24 Feb 2016 12:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23721

    Actions (login required)

    View Item