ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL-SOAL PADA MATERI LISTRIK DINAMIS DITINJAU DARI LANGKAH MENYELESAIKAN SOAL PADA SISWA SMA

Mahayanti, Dewi (2015) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL-SOAL PADA MATERI LISTRIK DINAMIS DITINJAU DARI LANGKAH MENYELESAIKAN SOAL PADA SISWA SMA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (235Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas X SMA Negeri 1 Surakarta dalam menyelesaikan soal-soal pada materi Listrik Dinamis, (2) faktor-faktor penyebab siswa kelas X SMA Negeri 1 Surakarta melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal pada materi Listrik Dinamis. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Surakarta. Subjek penelitian yang dipilih adalah siswa kelas X1 dan X5 yang masing-masing kelas terdiri dari 32 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes, dan wawancara. Validitas data dilakukan dengan triangulasi data, yaitu dengan membandingkan antara data hasil observasi kegiatan, data jawaban soal tes, dan data hasil wawancara dengan beberapa siswa. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan: jenis kesalahan dan penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal Fisika materi Listrik Dinamis adalah (1) kesalahan terjemahan (9,38%) berupa kesalahan dimana subjek tidak dapat menerjemahkan maksud soal secara tepat, yang disebabkan siswa lupa, tidak memahami simbol Fisika dari data-data yang disebutkan pada soal, dan kurang teliti dalam membaca serta memahami maksud soal; (2) kesalahan konsep, dengan rincian kesalahan: siswa tidak memahami konsep rangkaian hambatan yang disusun secara seri dan parallel (26,56%), siswa tidak memahami konsep rangkaian jembatan wheatstone (17,19%), siswa tidak memahami konsep hukum II Kirchhof dalam rangkaian satu loop (10,94 %), siswa tidak memahami konsep menghitung beda potensial antar titik dalam rangkaian satu loop (9,38%), siswa tidak memahami konsep hukum II Kirchhof dalam rangkaian dua loop (28,13%), siswa tidak memberikan keterangan arah arus untuk setiap cabang pada rangkaian dua loop(17,19%), siswa tidak memahami konsep menghitung besarnya energi listrik yang dipakai untuk satu bulan (12,5%); (3) kesalahan strategi (67,19%) berupa kesalahan memilih cara yang tidak tepat dalam mengerjakan soal yang disebabkan siswa lupa, kurang teliti, kurang latihan soal, terburu-buru, dan kekurangan waktu; (4) kesalahan hitung (40,63%) berupa kesalahan dalam melakukan operasi hitung, yang disebabkan karena tidak teliti dalam melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian ataupun pembagian. Kata Kunci: analisis, jenis kesalahan siswa, kesalahan menyelesaikan soal, soal Fisika, Listrik Dinamis

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 14 Feb 2016 20:25
    Last Modified: 14 Feb 2016 20:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23707

    Actions (login required)

    View Item