PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS BERDASARKAN KURIKULUM 2013 (STUDI KASUS PADA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 KARANGANYAR)

Mastuti, Dewi Leni (2015) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS BERDASARKAN KURIKULUM 2013 (STUDI KASUS PADA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 KARANGANYAR). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1192Kb) | Preview

    Abstract

    Pembelajaran menulis merupakan salah satu kegiatan menulis yang sering diabaikan, disebabkan menulis memakan waktu yang relatif lama. Hal ini terjadi karena kurang produktifnya siswa menulis, tulisan tidak kohesi dan koherensi, sulitnya menuangkan ide/gagasan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Persiapan atau perencanaan yang dibuat guru dalam pembelajaran menulis di SMPN 2 Karanganyar, 2) Media pembelajaran yang dibuat guru dalam pembelajaran menulis di SMPN 2 Karanganyar, 3) Penilaian yang dikembangkan guru dalam pembelajaran menulis di SMPN 2 Karanganyar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif naturalistik. Sumber data diperoleh dari Informan, peristiwa, dan dokumen. Informan dari studi ini adalah Guru kelas VII di SMPN 2 Karanganyar. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling, pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Guna memperoleh kesahihan data, peneliti melakukan triangulasi data, review informan, dan hadir di tempat penelitian. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif.Hasil penelitian ini adalah: 1) Persiapan atau perencanaan yang dibuat guru dalam pembelajaran menulis di SMPN 2 Karanganyar sudah sesuai dengan acuan yang ada dalam kurikulum, hal ini tercermin dengan perangkat pembelajaran yang dibuat guru dalam MGMP. Dalam pelaksanaannya guru menyesuaikan dengan kondisi dan situasi di sekolah; 2) Media pembelajaran yang dibuat guru dalam pembelajaran menulis di SMPN 2 Karanganyar sudah sesuai. Media pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran menulis adalah media pembelajaran yang efektif untuk mendukung pembelajaran, media tersebut adalah media audio visual; 3) Penilaian yang dikembangkan guru dalam pembelajaran menulis di SMPN 2 Karanganyar sudah sesuai dengan kompetensi dasar yang ingin dicapai, penilaian pembelajaran menulis yang dilaksanakan guru sudah meliputi penilaian proses dan hasil. Kata Kunci : Pembelajaran menulis, Menulis, Kurikulum 2013

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 14 Feb 2016 20:19
    Last Modified: 14 Feb 2016 20:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23706

    Actions (login required)

    View Item