PEMANFAATAN LIMBAH KULIT BUAH PEPAYA GUNUNG (Carica pubescens) YANG DIPERKAYA PROBIOTIK EM4 SEBAGAI PAKAN ALTERNATIF IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

Leonita, Agustin Mega (2015) PEMANFAATAN LIMBAH KULIT BUAH PEPAYA GUNUNG (Carica pubescens) YANG DIPERKAYA PROBIOTIK EM4 SEBAGAI PAKAN ALTERNATIF IKAN NILA (Oreochromis niloticus). Other thesis, Universitas Negeri Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (418Kb) | Preview

    Abstract

    PEMANFAATAN LIMBAH KULIT BUAH PEPAYA GUNUNG (Carica pubescens) YANG DIPERKAYA PROBIOTIK EM4 SEBAGAI PAKAN ALTERNATIF IKAN NILA (Oreochromis niloticus) Agustin Mega Leonita Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sebelas Maret, Surakarta ABSTRAK Limbah kulit buah pepaya gunung (Carica pubescens) jumlahnya cukup banyak dan masih memiliki kandungan nutrisi sehingga dapat digunakan sebagai pakan tambahan alternatif. Efisiensi formula pakan ini dapat ditingkatkan dengan penambahan probiotik EM4. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pemberian pakan limbah kulit buah pepaya gunung (Carica pubescens) yang diperkaya dengan probiotik EM4 terhadap pertumbuhan, konversi pakan, dan laju pertumbuhan, efisiensi pakan, kelangsungan hidup serta kualitas air ikan nila (Oreochromis niloticus). Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 kelompok perlakuan yaitu perbandingan pelet komersial dengan limbah kulit buah pepaya gunung. Komposisi masing-masing perlakuan yaitu 100% pelet komersial, 75%:25%, 50%:50%, 25%:75%. Data kualitatif dinilai secara diskriptif dan data kuantitatif dianalisis dengan one way ANOVA. Beda nyata diuji dengan DMRT pada taraf signifikansi 99% (α=0,01%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa formula pakan yang mendukung pertumbuhan ikan tertinggi yaitu pada perlakuan B, tersusun atas 50% pelet komersial dan 50% limbah kulit buah pepaya gunung serta 15 ml EM4. Komposisi pakan B merupakan komposisi yang paling seimbang dibandingkan dengan pakan perlakuan yang lain, karena tidak menghasilkan residu fermentasi dan residu protein dalam jumlah cukup banyak. Oleh sebab itu kemungkinan munculnya bakteri dan pnyakit lebih rendah dibandingkan dengan perlakuan kontrol 100% pelet komersial. Kata kunci : Limbah kulit buah pepaya gunung, probiotik EM4, pakan alternatif, Oreochromis niloticus

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QH Natural history
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 06 Feb 2016 23:25
    Last Modified: 06 Feb 2016 23:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23693

    Actions (login required)

    View Item