PENERAPAN PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS X MIA 5 SMA NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Maharriza, Ajeng (2015) PENERAPAN PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS X MIA 5 SMA NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Negeri Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (137Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF - Published Version
    Download (191Kb) | Preview

      Abstract

      Ajeng Maharriza. PENERAPAN PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS X MIA 5 SMA NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2015. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan reciprocal teaching dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis, mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep matematis siswa kelas X MIA 5 SMAN 2 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 5 SMA Negeri 2 Surakarta. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data pemahaman konsep matematis dan keterlaksanaan pembelajaran. Data pemahaman konsep diperoleh dari hasil tes akhir siklus, data keterlaksanaan pembelajaran diperoleh saat pembelajaran berlangsung dengan menggunakan lembar observasi yang diisi oleh observer. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes dan dokumentasi. Validitas data hasil observasi dan tes menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa langkah pembelajaran dengan pendekatan reciprocal teaching yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa adalah: 1) Membentuk kelompok kecil dan diskusi 2) Question generating, siswa menyusun pertanyaan atas materi yang telah dipelajari dan mengerjakan pertanyaan–pertanyaan yang telah dibuatnya. 3) Menyajikan hasil kerja kelompok, salah satu kelompok akan menjelaskan hasil temuannya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi. 4) Clarifying, siswa diberi kesempatan oleh guru untuk menanyakan materi yang masih dianggap sulit, kemudian guru memberikan umpan balik. 5) Summarizing, siswa diminta untuk merangkum materi yang telah dibahas dengan bahasa mereka sendiri. 6) Predicting, guru memberikan sejumlah latihan yang memuat soal pengembangan kepada siswa untuk dikerjakan secara individu. Berdasarkan proses pembelajaran tersebut, rata–rata persentase pemahaman konsep matematis siswa pada siklus I yang berhasil dicapai sebesar 68,52% dengan siswa yang mencapai kriteria tinggi sebanyak 51,61% dari total siswa dan pada siklus II rata–rata persentase pemahaman konsep siswa sebesar 80,59% dengan siswa yang mencapai kriteria tinggi sebanyak 83,87% dari total siswa. Hal ini berarti terjadi peningkatan rata–rata persentase pemahaman konsep dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 12,07%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan reciprocal teaching dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas X MIA 5 SMA Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Kata kunci: pemahaman, pemahaman konsep matematis, reciprocal teaching

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
      L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
      Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
      Depositing User: Gunasih gunasih
      Date Deposited: 06 Feb 2016 22:13
      Last Modified: 06 Feb 2016 22:13
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23679

      Actions (login required)

      View Item