DINAMIKA KEBERADAAN KELOMPOK SUPORTER SEPAKBOLA DI KOTA MEDAN PROVINSI SUMATRA UTARA (Studi Kelompok Suporter Klub Sepakbola PSMS MEDAN)

Nugroho, Agung (2015) DINAMIKA KEBERADAAN KELOMPOK SUPORTER SEPAKBOLA DI KOTA MEDAN PROVINSI SUMATRA UTARA (Studi Kelompok Suporter Klub Sepakbola PSMS MEDAN). Masters thesis, Universitas Negeri Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (271Kb) | Preview

    Abstract

    Agung Nugroho. A121308049. 2013. DINAMIKA KEBERADAAN KELOMPOK SUPORTER SEPAKBOLA DI KOTA MEDAN PROVINSI SUMATRA UTARA (Studi Kelompok Suporter Klub Sepakbola PSMS MEDAN). Pembimbing I Prof. Dr. Sugiyanto, Pembimbing II Prof. Dr. Agus Kristiyanto. Tesis Pascasarjana Program Studi Ilmu Keloharagaan Universitas Sebelas Maret Surakarta. ABSTRAK Tujuan utama penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui Keberadaan kelompok suporter klub sepakbola PSMS Medan Provinsi Sumatra Utara, 2) mengetahui Dinamika kelompok suporter klub sepakbola PSMS Medan Provinsi Sumatra Utara, 3) mengetahui Bentuk dukungan kelompok suporter pendukung klub sepakbola PSMS di kota Medan Provinsi Sumatra Utara. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Medan, Kota Medan sendiri memiliki dua suporter yang berbeda yaitu suporter KAMPAK FC dan suporter SMeCK Hooligan dan mendukung satu klub sepakbola sama yaitu PSMS Medan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah dinamika keberadaan kelompok suporter sepakbola di Kota Medan Provinsi Sumatra Utara (studi kelompok suporter klub sepakbola PSMS MEDAN). Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam dan dokumen pencatatan. Hasil penelitian dinamika keberadaan kelompok suporter sepakbola di Kota Medan Provinsi Sumatra Utara (Studi Kelompok Suporter Klub Sepakbola PSMS MEDAN) disimpulkan sebagai berikut : 1) Keberadaan suporter SMeCK Hooligan di kota medan dalam mendukung PSMS Medan menunjukkan kesuksesannya dikarna proses manajemen, organisasi, dan sumber dana dalam tubuh suporter ini berjalan dengan baik, 2) Dinamika yang terjadi dalam suporter SMeCK Hooligan terlihat sangat baik di karnakan tujuan, struktur, fungsi dan tugas, pembinaan dan pengembangan, kekompakan, suasana, tekanan, dan keefektifan berjalan dengan sangat baik, 3) Bentuk dukungan yang di berikan suporter SMeCK Hooligan kepada klub sepakbola PSMS Medan sangatlah baik. Berdasarkan pembahasan yang telah di uraikan mengenai Dinamika Keberadaan dan Bentuk dukungan suporter sepakbola PSMS Medan maka dapat ditarik kesimpulan bahwasannya dinamika yang terjadi di dalam tubuh SMeCK Hooligan berbeda dengan suporter KAMPAK FC dimana ketika suporter SMeCK Hooligan dengan semangatnya tidak ada hentinya dalam mendukung PSMS Medan. Suporter KAMPAK FC sendiri malah membubarkan diri karna kecewa dengan apa yang di torehkan PSMS Medan saat ini.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Keolahragaan
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 06 Feb 2016 21:57
    Last Modified: 06 Feb 2016 21:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23678

    Actions (login required)

    View Item