Akuntabilitas Partai Politik di Kota Surakarta (Analisis Program Kerja Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Amanat Nasional)

Nurrizqi, Afriliana Vinni (2015) Akuntabilitas Partai Politik di Kota Surakarta (Analisis Program Kerja Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Amanat Nasional). Other thesis, Universitas Negeri Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (113Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF - Published Version
    Download (259Kb) | Preview

      Abstract

      Afriliana Vinni Nurrizqi. D0111006. Akuntabilitas Partai Politik di Kota Surakarta (Analisis Program Kerja Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Amanat Nasional). Skripsi. Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. 2015. Masih jarangnya penelitian terkait akuntabilitas yang dilakukan di ranah civil society menjadi bahan pertimbangan penulis untuk melakukan penelitian. Kebanyakan peneliti hanya melakukan kajian akuntabilitas di dalam pemerintahan atau birokrasi publik. Padahal semua aktor harus akuntabel demi terwujudnya good governance. Dan salah satu dari civil society adalah partai politik. Fokus dalam penelitian ini adalah di PKS dan PAN di Kota Surakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah : Pertama, untuk menganalisis proses akuntabilitas partai politik di Kota Surakarta dilihat dari program kerjanya. Kedua, bertujuan untuk menilai sudah akuntabel atau belum program kerja yang telah dilaksanakan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber datanya diperoleh dari informan, hasil observasi dan dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, dokumentasi dan observasi. Pemilihan informan secara purposive. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif dan analisis isi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses akuntabilitas dilakukan dengan lima tahapan yaitu akuntabilitas keatas, akuntabilitas kepada staff, akuntabilitas kebawah, akuntabilitas berbasis pasar dan akuntabilitas kepada diri sendiri. Namun proses akuntabilitasnya dilakukan secara lisan dan tidak dilaporkan secara tertulis. Sedangkan, untuk menilai akuntabel atau tidak digunakan indikator : kualitas, kuantitas, ketepatan waktu, penghematan biaya, kemandirian dan kerjasama. Dari hasil penelitian, PKS dan PAN sudah cukup akuntabel karena sudah mampu memenuhi keenam indikator tersebut. Kata Kunci: akuntabilitas, good governance, partai politik

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
      Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
      Depositing User: Gunasih gunasih
      Date Deposited: 06 Feb 2016 13:51
      Last Modified: 06 Feb 2016 13:51
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23668

      Actions (login required)

      View Item