PERBANDINGAN TINGKAT KONSERVATISME AKUNTANSI SEBELUM DAN SESUDAH ADANYA KONVERGENSI IFRS DI INDONESIA DENGAN METODE EARNING AND ACCRUAL MEASURE

Gafa, Alfian Noviandika (2015) PERBANDINGAN TINGKAT KONSERVATISME AKUNTANSI SEBELUM DAN SESUDAH ADANYA KONVERGENSI IFRS DI INDONESIA DENGAN METODE EARNING AND ACCRUAL MEASURE. Other thesis, Universitas Negeri Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (471Kb) | Preview

    Abstract

    PERBANDINGAN TINGKAT KONSERVATISME AKUNTANSI SEBELUM DAN SESUDAH ADANYA KONVERGENSI IFRS DI INDONESIA DENGAN METODE EARNING AND ACCRUAL MEASURE Alfian Noviandika Gafa F1312005 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menginformasikan perbandingan tingkat konservatisme akuntansi laporan keuangan di Indonesia sebelum dan sesudah konvergensi IFRS. Penelitian ini berbeda dengan penelitian lainnya karena pengukuran tingkat konservatisme akuntansi menggunakan metode earning and accrual measure. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini yaitu konservatisme akuntansi sebagai variabel dependen dan konvergensi IFRS sebagai variabel independen. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yang menghasilkan sampel 197 perusahaan yang terdaftar dalam BEI dari tahun 2009 sampai dengan 2014. Metode analisis dalam penelitian ini adalah menggunakan Paired Sample T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan tingkat konservatisme akuntansi sebelum dan sesudah adanya konvergensi IFRS di Indonesia. Tingkat konservatisme akuntansi perusahaan di Indonesia sebelum adanya konvergensi IFRS lebih tinggi dibandingkan dengan sesudah adanya konvergensi IFRS. Kata kunci: konservatisme akuntansi, konvergensi IFRS, earning and accrual measure.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 06 Feb 2016 13:25
    Last Modified: 06 Feb 2016 13:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23664

    Actions (login required)

    View Item