PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN SISWA MEMILIH SEKOLAH DI MTS PPMI ASSALAM SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2014/2015

Khoirunisak, Afifah (2015) PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN SISWA MEMILIH SEKOLAH DI MTS PPMI ASSALAM SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Negeri Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (957Kb) | Preview

    Abstract

    Afifah Khoirunisak. K7408001, PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN SISWA MEMILIH SEKOLAH DI MTS PPMI ASSALAM SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2014/2015,Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Juni 2015. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh bauran promosi yang terdiri dari penjualan perseorangan , periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung secara parsial terhadap keputusan siswa memilih MTs PPMI Assalam Sukoharjo. (2) Untuk mengetahui pengaruh bauran promosi yang terdiri dari penjualan perseorangan, periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung secara simultan terhadap keputusan siswa memilih MTs PPMI Assalam Sukoharjo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTs PPMI Assalam Sukoharjo. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportionate stratified random sampling. Teori Issac dan Michael digunakan untuk menghitung sampel, diperoleh sampel sebanyak 226 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh penjualan perseorangan, periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung secara parsial terhadap keputusan siswa memilih MTs PPMI Assalam Sukoharjo. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan penjualan perseorangan=0,048; periklanan=0,041; promosi penjualan=0,000; hubungan masyarakat=0,005; dan pemasaran langsung=0,000. (2) Terdapat pengaruh penjualan perseorangan, periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung secara simultan terhadap keputusan siswa memilih MTs PPMI Assalam Sukoharjo. Hal ini dibuktikan dari hasil uji F diperoleh nilai probabilitas sebesar 0,000. Sehubungan dengan nilai probabilitas 0,000 lebih kecil dari 0,05; maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil perhitungan data nilai Adjusted R Square sebesar 0,588 sehingga dapat diartikan bahwa 58,8% keputusan memilih sekolah di MTs PPMI Assalam Sukoharjo dipengaruhi oleh bauran promosi yang terdiri dari penjualan perseorangan, periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung sedangkan 42,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Dari kelima variabel bebas yang memiliki pengaruh paling besar terhadap keputusan siswa memilih MTs PPMI Assalam Sukoharjo adalah variabel pemasaran langsung sedangkan variabel yang mempunyai pengaruh paling lemah yaitu variabel periklanan. Kata kunci: Bauran Promosi, Keputusan Memilih Sekolah, MTs PPMI Assalam Sukoharjo

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 06 Feb 2016 01:10
    Last Modified: 06 Feb 2016 01:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23657

    Actions (login required)

    View Item