UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA MELENTING MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAME TOURNAMENT) PADA SISWA KELAS VIII G SMP NEGERI 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Prasetyo, Afif Bayu Eko (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA MELENTING MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAME TOURNAMENT) PADA SISWA KELAS VIII G SMP NEGERI 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Negeri Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (367Kb) | Preview

    Abstract

    Afif Bayu Eko Prasetyo. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA MELENTING MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAME TOURNAMENT) PADA SISWA KELAS VIII G SMP NEGERI 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni. 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya melenting melalui model pembelajaran TGT (Teams Game Tournament) pada siswa kelas VIII G SMP Negeri 7 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 7 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015 berjumlah 29 siswa yang terdiri dari 15 siswa putra dan 14 siswi putri. Sumber data berasal dari guru, siswa dan peneliti, data hasil belajar lompat jauh diperoleh melalui tes unjuk kerja , lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data kegiatan siswa didalam mengikuti proses pembelajaran lompat jauh gaya melenting dengan model pembelajaran TGT (Teams Game Tournament). Teknik analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif dengan prosentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa melalui model pembelajaran TGT (Teams Game Tournament) dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya melenting. Hasil belajar tersebut meliputi aspek pisikomotorik, kognitif, dan afektif dari 29 siswa hanya 7 siswa yang mencapai KKM atau 24,14% pada kondisi awal, mengalami peningkatan menjadi 65,51% atau 19 siswa yang mencapai batas tuntas pada akhir siklus I. Selanjutnya meningkat menjadi 86,20% atau 25 siswa yang mencapai batas tuntas pada akhir siklus II. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VIII G SMP Negeri 7 Surakarta dalam meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya melenting melalui model pembelajaran TGT (Teams Game Tournament) ini telah berhasil meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya melenting pada siswa. Simpulan penelitian ini adalah melelui model pembelajaran TGT (Teams Game Tournament) dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya melenting pada siswa kelas VIII G SMP Negeri 7 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Kata Kunci : Lompat jauh gaya melenting, Model pembelajaran TGT(Teams Game Tournament), Hasil Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 05 Feb 2016 22:02
    Last Modified: 05 Feb 2016 22:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23655

    Actions (login required)

    View Item