HUBUNGAN POLA ASUH, PEKERJAAN ORANG TUA, DAN UMUR ANAK DENGAN KECERDASAN EMOSI DAN KEMANDIRIAN PADA ANAK RETARDASI MENTAL RINGAN DI SLB C DAYANG PURWODADI

Hidayanti, Amelia Nur (2015) HUBUNGAN POLA ASUH, PEKERJAAN ORANG TUA, DAN UMUR ANAK DENGAN KECERDASAN EMOSI DAN KEMANDIRIAN PADA ANAK RETARDASI MENTAL RINGAN DI SLB C DAYANG PURWODADI. Masters thesis, Universitas Negeri Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (681Kb) | Preview

    Abstract

    Amelia Nur Hidayanti, S021308006. 2015. Hubungan Pola Asuh, Pekerjaan Orang Tua, dan Umur Anak dengan Kecerdasan Emosi dan Kemandirian pada Anak Retardasi Mental Ringan di SLB C Dayang Puwodadi. Tesis: Komisi Pembimbing I:Prof. BhismaMurti, dr., MSc., MPH., Ph.D. Pembimbing II: Dr. Yulia Lanti, dr.M.Si. Pascasarjana Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Peminatan Kesehatan Ibu dan Anak Universitas Sebelas Maret Surakarta. Latar belakang: Retardasi mental merupakan suatu keadaan dengan intelegensi yang kurang. Pola asuh orang tua berarti bagaimana orang tua memperlakukan anak, mendidik, membimbing dan mendisiplinkan serta melindungi anak dalam mencapai proses kedewasaan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan pola asuh, pekerjaan orang tua, dan umur anak dengan kecerdasan emosi dan kemandirian pada anak retardasi mental ringan di SLB C Dayang Purwodadi. Metode:Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif non eksperimen, desain penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah anak retardasi mental ringan di SLB C Dayang Purwodadi sebanyak 45. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan adalah statified rondom sampling. Hasil: Analisis menggunakan Chi-Square dan regresi logistik ganda. Hasil penelitian terdapat hubungan yang positif sangat kuat dan secara statistiksignifikan antara pola asuh demokratis dengan kecerdasan emosi pada anak retardasi mental ringan (OR: 42,62; CI 95% 3,07 sd 591,23; p=<0,001), dan positif kuat meskipun secara statistic tidak signifikan dengan kemandirian (OR: 4,89; CI 95% 0,94 sd 25,51; p=0,059). Terdapat hubungan yang positif kuat meskipun secara statistic tidak signifikan antara ibu yang tidak bekerja dengan kecerdasan emosi pada anak retardasi mental ringan (OR: 3,29; CI 95% 0,65 sd 16,56; p=0,149) dan positif kuat secara statistic sifnifikan dengan kemandirian (OR: 5,30; CI 95% 1,15 sd 24,33; p=0,032). Terdapat hubungan yang positif kuat dan secara statistik signifikan antara umur anak >=12 tahun dengan kecerdasan emosi pada anak retardasi mental ringan (OR: 1,43; CI 95% 1,30 sd 100,0; p=0,030), dan positif kuat meskipun secara statistic tidak signifikan dengan kemandirian (OR: 8,38; CI 95% 0,81 sd 86,23; p=0,074). Kesimpulan: Ada hubungan yang positif kuat antara pola asuh, pekerjaan orang tua, umur anak dengan kecerdasan emosi dan kemandirian pada anak retardasi mental ringan. Diharapkan orang tua khususnya ibu dapat meningkatkan bimbingan, melatih dan mendidik anaknya untuk membentuk kepribadian dan kemandirian anak. Kata kunci : PolaAsuh, Pekerjaan Orang Tua, Umur Anak, Kecerdasan Emosi, Kemandirian Anak Retardasi Mental Ringan

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
    R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
    Divisions: Pasca Sarjana
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 05 Feb 2016 12:09
    Last Modified: 05 Feb 2016 12:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23635

    Actions (login required)

    View Item