PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DI KELAS XI MIA 9 (ICT) SMA NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Rahmasiwi, Amining (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DI KELAS XI MIA 9 (ICT) SMA NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Negeri Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (708Kb) | Preview

    Abstract

    Amining Rahmasiwi. K4311007. PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DI KELAS XI MIA 9 (ICT) SMA NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2015. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri di kelas XI MIA 9 (ICT) SMA Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 31 siswa kelas XI MIA 9 (ICT) SMA Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2014/2015. Data penelitian diperoleh melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Validisi data dengan menggunakan teknik triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan keterampilan proses sains siswa kelas XI MIA 9 (ICT) SMA Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2014/2015 melalui penerapan model pembelajaran inkuiri. Peningkatan keterampilan proses sains ditunjukkan dengan meningkatnya capaian rata-rata persentase aspek keterampilan proses sains siswa dari 31,41% pada prasiklus menjadi 49,14% pada siklus I, selanjutnya meningkat menjadi 62,05% pada siklus II dan meningkat menjadi 76,45% di siklus III. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran biologi melalui penerapan model pembelajaran inkuiri di kelas XI MIA 9 (ICT) SMA Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2014/2015. Kata kunci: model pembelajaran inkuiri, keterampilan proses sains

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 05 Feb 2016 11:06
    Last Modified: 05 Feb 2016 11:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23629

    Actions (login required)

    View Item