UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR MELEMPAR MELALUI MODIFIKASI BOLA PLASTIK PADA SISWA KELAS II SD NEGERI PURWOREJO KECAMATAN BANJARSARI SURAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013

Saputra, Adi (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR MELEMPAR MELALUI MODIFIKASI BOLA PLASTIK PADA SISWA KELAS II SD NEGERI PURWOREJO KECAMATAN BANJARSARI SURAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Negeri Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (106Kb) | Preview

    Abstract

    Adi Saputra. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR MELEMPAR MELALUI MODIFIKASI BOLA PLASTIK PADA SISWA KELAS II SD NEGERI PURWOREJO KECAMATAN BANJARSARI SURAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2015. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan modifikasi bola plastik dalam meningkatkan hasil belajar gerak dasar melempar pada siswa kelas II SD Negeri Purworejo Kecamatan Banjarsari Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri Purworejo Kecamatan Banjarsari Surakarta yang berjumlah 39 Siswa yang terdiri dari 20 siswa putra dan 19 siswa putri. Sumber data berasal dari guru, siswa dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, angket, dan dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui modifikasi bola plastik dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar melempar dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar keterampilan gerak dasar melempar pada Siklus I dari 39 siswa mencapai 58,97% atau sebanyak 23 siswa sudah masuk kriteria tuntas dan pada Siklus II meningkat mencapai 84,62% atau sebanyak 33 siswa telah mencapai kreteria tuntas dengan KKM 65. Simpulan penelitian ini adalah dengan pendekatan media pembelajaran melalui modifikasi bola plastik dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar melempar pada siswa kelas II SD Negeri Purworejo Kecamatan Banjarsari Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Kata Kunci: hasil belajar, gerak dasar melempar, modifikasi bola plastik.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 05 Feb 2016 10:51
    Last Modified: 05 Feb 2016 10:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23626

    Actions (login required)

    View Item