PENGARUH LATIHAN DENGAN VARIASI GERAK DAN KOORDINASI MATA-TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN GROUNDSTROKE BACKHAND PADA MAHASISWA PEMBINAAN PRESTASI TENIS LAPANGAN JPOK FKIP UNS TAHUN 2014

Aminudin, (2015) PENGARUH LATIHAN DENGAN VARIASI GERAK DAN KOORDINASI MATA-TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN GROUNDSTROKE BACKHAND PADA MAHASISWA PEMBINAAN PRESTASI TENIS LAPANGAN JPOK FKIP UNS TAHUN 2014. Other thesis, Universitas Negeri Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (549Kb) | Preview

    Abstract

    Aminudin. PENGARUH LATIHAN DENGAN VARIASI GERAK DAN KOORDINASI MATA-TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN GROUNDSTROKE BACKHAND PADA MAHASISWA PEMBINAAN PRESTASI TENIS LAPANGAN JPOK FKIP UNS TAHUN 2014. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan pengaruh latihan groundstroke backhand dengan variasi belakang-depan dan variasi kanan-kiri terhadap kemampuan pukulan groundstroke backhand tenis lapangan pada mahasiswa pembinaan prestasi tenis lapangan JPOK FKIP UNS tahun 2014, (2) perbedaan pengaruh antara koordinasi mata-tangan tinggi dan rendah terhadap kemampuan groundstroke backhand tenis lapangan pada mahasiswa pembinaan prestasi tenis lapangan JPOK FKIP UNS tahun 2014, (3) ada tidaknya interaksi antara variasi belakang-depan dan variasi kanan-kiri serta koordinasi mata-tangan terhadap kemampuan groundstroke backhand tenis lapangan pada mahasiswa pembinaan prestasi tenis lapangan JPOK FKIP UNS tahun 2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa pembinaan prestasi tahun 2014 JPOK FKIP UNS yang berjumlah 32 orang. Subyek sebanyak 32 orang dibagi dua kelompok perlakuan yakni kelompok variasi gerak depan-belakang dan kelompok variasi gerak kanan-kiri. Masing-masing kelompok terdiri dari individu dengan koordinasi mata tangan tinggi dan koordinasi mata tangan rendah. Teknik analisis yang digunakan adalah ANAVA 2 jalur yang dihitung dengan SPSS 17.0. Pembahasan hasil penelitian ini yaitu : (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara peningkatan kemampuan groundstroke backhand mahasiswa yang diberi perlakuan dengan latihan menggunakan variasi belakang depan dan menggunakan variasi kiri kanan. (2) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara peningkatan kemampuan groundstroke backhand antara mahasiswa yang mempunyai kemampuan koordinasi mata-tangan tinggi dan mahasiswa yang mempunyai kemampuan koordinasi mata-tangan rendah. (3) Ada interaksi yang signifikan antara metode latihan groundstroke backhand dan kemampuan koordinasi mata-tangan terhadap peningkatan kemampuan groundstroke backhand tenis lapangan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan sebagai berikut : (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan dengan variasi gerak belakang-depan dan kanan-kiri terhadap kemampuan groundstroke backhand mahasiswa pembinaan prestasi. (2) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara kemampuan koordinasi mata-tangan tinggi dan kemampuan koordinasi mata-tangan rendah terhadap kemampuan groundstroke backhand. (3) Tidak ada interaksi yang antara bentuk latihan groundstroke backhand menggunakan variasi gerak belakang-depan dan variasi kanan-kiri serta koordinasi mata-tangan terhadap kemampuan groundstroke backhand mahasiswa pembinaan prestasi. Kata Kunci : Variasi gerak, koordinasi mata tangan, groundstroke backhand.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 05 Feb 2016 10:43
    Last Modified: 05 Feb 2016 10:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23625

    Actions (login required)

    View Item