EKSPERIMEN MODEL BLENDED LEARNING DAN JOYFULL LEARNING SUB TEMA EKOSISTEM AIR TAWAR DITINJAU DARI AKTIVITAS SISWA KELAS VII SMPN 9 SURAKARTA

Dewi, Anantyas Kusuma (2015) EKSPERIMEN MODEL BLENDED LEARNING DAN JOYFULL LEARNING SUB TEMA EKOSISTEM AIR TAWAR DITINJAU DARI AKTIVITAS SISWA KELAS VII SMPN 9 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Negeri Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (121Kb) | Preview

    Abstract

    Anantyas Kusuma Dewi. EKSPERIMEN MODEL BLENDED LEARNING DAN JOYFULL LEARNING SUB TEMA EKOSISTEM AIR TAWAR DITINJAU DARI AKTIVITAS SISWA KELAS VII SMPN 9 SURAKARTA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2015. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui ada atau tidaknya perbedaan pengaruh antara model pembelajaran blended learning dan joyfull learning terhadap kemampuan kognitif pada subtema Ekosistem Air Tawar, (2) mengetahui ada atau tidaknya perbedaan pengaruh antara aktivitas belajar siswa yang tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan kognitif pada subtema Ekosistem Air Tawar, (3) mengetahui ada atau tidaknya interaksi pengaruh antara model pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan kognitif pada subtema Ekosistem Air Tawar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015, kemudian dengan teknik cluster random sampling didapatkan sampel penelitian yaitu siswa kelas VII F dan VII G. Data yang diperoleh melalui kajian dokumen, observasi dan tes kognitif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dengan menggunakan ANAVA dua jalan dengan isi sel tak sama. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) ada perbedaan pengaruh antara model pembelajaran blended learning dan joyfull learning terhadap kemampuan kognitif pada subtema Ekosistem Air Tawar (Fa =7,520 > F0,05;1;54 = 4,02); (2) ada perbedaan pengaruh antara aktivitas belajar siswa yang tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan kognitif pada subtema Ekosistem Air Tawar (Fb = 4,2986 > F0,05;2;54 = 3,17); (3) tidak ada interaksi pengaruh antara model pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan kognitif pada subtema Ekosistem Air Tawar (Fab = 0,6592 < F0,05;2;54 = 3,17). Kata kunci : blended learning, joyfull learning, aktivitas belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 05 Feb 2016 00:21
    Last Modified: 24 Feb 2016 04:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23617

    Actions (login required)

    View Item