STUDI MENGENAI TINDAK KEKERASAN VERBAL DAN NON VERBAL OLEH GURU TERHADAP SISWA SMA NEGERI DI SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Utami, Anari Wahyu (2015) STUDI MENGENAI TINDAK KEKERASAN VERBAL DAN NON VERBAL OLEH GURU TERHADAP SISWA SMA NEGERI DI SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Negeri Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (428Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Anari Wahyu Utami. K8411006.STUDI MENGENAI TINDAK KEKERASAN VERBAL DAN NON VERBAL OLEH GURU TERHADAP SISWA SMA NEGERI DI SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk-bentuk, dampak dan upaya tindak kekerasan verbal dan non verbal oleh guru terhadap siswa di Sekolah Menengah Atas di Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN Surakata. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan strategi studi kasus. Sumber data berasal dari angket, Focus Group Discussion, dan wawancara mendalam. Subyek penelitian yaitu siswa, guru dan wali murid. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tindak kekerasan oleh guru terhadap siswa di SMAN Surakarta masih saja terjadi baik dalam bentuk verbal maupun non verbal. Penelitian ini menemukan fakta bahwa terjadinya tindak kekerasan pada siswa merupakan bagian dari tindakan sosial secara rasional. Tindak kekerasan dilakukan karena seorang guru memiliki kekuasaan di sekolah sehingga dapat dengan leluasa melakukan berbagai tindakan untuk menertibkan siswa. Tindakan ini berdampak korban yaitu siswa yang melihat, mendengar dan mengalami tindak kekerasan. Upaya sekolah dilakukan untuk meminimalisir tindak kekerasan adalah dengan cara pembinaan guru dan penertiban siswa melalui tata tertib sekolah. Sampai pada saat ini belum terdapat tata tertib secara tertulis yang mencantumkan bahwa tindak kekerasan dilarang di sekolah. Mayoritas tindakan untuk meminimalisir kekerasan yang terjadi pada siswa dengan cara pembinaan antara guru dan siswa secara personal yang dilaksanakan di sekolah. Berkaitan dengan teori tindakan sosial, tindak kekerasan termasuk dalam tipe tindakan sosial yang bersifat rasional instrumental yang akan dilakukan oleh seorang guru karena memiliki kekuasan untuk mencapai tujuan tertentu yaitu mendisiplinkan siswa. Kata Kunci: Kekerasan pada siswa, Tindakan Sosial, Kedisplinan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 04 Feb 2016 23:34
    Last Modified: 04 Feb 2016 23:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23615

    Actions (login required)

    View Item