Pengaruh Spiritualitas terhadap Perilaku Kerja Karyawan dengan Kecerdasan Emosional sebagai Variabel Mediator (Studi pada Karyawan PT. Bank BRISyariah Wilayah Surakarta)

Choerudin, Achmad (2015) Pengaruh Spiritualitas terhadap Perilaku Kerja Karyawan dengan Kecerdasan Emosional sebagai Variabel Mediator (Studi pada Karyawan PT. Bank BRISyariah Wilayah Surakarta). PhD thesis, Universitas Negeri Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (734Kb) | Preview

    Abstract

    Pengaruh Spiritualitas terhadap Perilaku Kerja Karyawan dengan Kecerdasan Emosional sebagai Variabel Mediator (Studi pada Karyawan PT. Bank BRISyariah Wilayah Surakarta) Achmad Choerudin, Tulus Haryono, Muhammad Cholil Program Doktor Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret Abstrak Penelitian ini untuk menguji dan menganalisis bagaimana pengaruh spiritualitas terhadap perilaku kerja karyawan yang meliputi kepuasan kerja, kinerja pekerjaan dan turnover intention dengan kecerdasan emosional sebagai variabel mediator pada karyawan perusahaan. Jenis penelitian adalah explanatory, dilakukan di PT. Bank BRISyariah Surakarta, dengan teknik proportional sampling, sedangkan sampel 175 karyawan, dengan menggunakan analisis SEM. Berdasarkan jumlah sampel, hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan data valid dan reliabel. Hasil temuan (1) spiritualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kecerdasan emosional, (2) spiritualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, (3) spiritualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pekerjaan, (4) spiritualitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention, (5) kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, (6) kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pekerjaan, (7) kecerdasan emosional tidak berpengaruh terhadap turnover intention, (8) spiritualitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention dimediasi oleh kecerdasan emosional, memberikan temuan baru dalam penelitian, (9) spiritualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dimediasi oleh kecerdasan emosional, temuan ini memberikan temuan baru dalam penelitian, dan (10) spiritualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pekerjaan dimediasi oleh kecerdasan emosional, memberikan temuan baru dalam penelitian. Kata kunci: spiritualitas, kecerdasan emosional, perilaku kerja

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
    Divisions: Pasca Sarjana > Doktor > Ilmu Ekonomi - S3
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 04 Feb 2016 23:29
    Last Modified: 04 Feb 2016 23:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23614

    Actions (login required)

    View Item