Korelasi Alokasi Waktu Kegiatan Mahasiswa di Kampus dan Kebutuhan Ruang Parkir Sepeda Motor dengan Metode Analisis Regresi (Studi Kasus: Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta)

ASNGAD, ACHMAD BAGUS (2015) Korelasi Alokasi Waktu Kegiatan Mahasiswa di Kampus dan Kebutuhan Ruang Parkir Sepeda Motor dengan Metode Analisis Regresi (Studi Kasus: Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta). Other thesis, Universitas Negeri Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (861Kb) | Preview

    Abstract

    Achmad Bagus Asngad, 2015, Korelasi Alokasi Waktu Kegiatan Mahasiswa di Kampus dan Kebutuhan Ruang Parkir Sepeda Motor dengan Metode Analisis Regresi (Studi Kasus: Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta). Fakultas Teknik merupakan salah satu fakultas dengan jumlah mahasiswa yang cukup besar di UNS. Untuk menunjang kegiatan belajar mengajar telah disediakan beberapa fasilitas, salah satunya yaitu fasilitas parkir. Mahasiswa memarkir sepededa motornya untuk melakukan kegiatan di kampus. Jumlah mahasiswa dan banyaknya kegiatan yang dilakukan menyebabkan terjadinya kekurangan daya tampung fasilitas parkir yang tersedia, sehingga banyak mahasiswa yang memarkir sepeda motornya di luar area parkir resmi. Penelitian ini diadakan untuk mengetahui hubungan alokasi waktu kegiatan mahasiswa di kampus yang berupa kegiatan kuliah, kegiatan selama jeda antar jam kuliah, kegiatan organisasi, mengerjakan tugas di kampus, dan kegiatan lain-lain dengan kebutuhan ruang parkir, serta memberikan rekomendasi terhadap kebutuhan ruang parkir ditinjau dari penggunaan waktu mahasiswa di kampus. Studi kasus penelitian adalah Fakultas Teknik UNS. Data primer terdiri dari dua macam data, yaitu data alokasi waktu berdasarkan kegiatan mahasiswa yang didapatkan dari data kuesioner dan data parkir berdasarkan survei parkir. Data diolah dengan analisis regresi menggunakan program software SPSS 16. Kegiatan mahasiswa selama di kampus berperan sebagai variabel bebas yaitu durasi kegiatan perkuliahan (X1), durasi tunggu antar jam perkuliahan (X2), durasi kegiatan organisasi (X3), durasi mengerjakan tugas di kampus (X4), durasi kegiatan lain-lain (X5). Durasi parkir mahasiswa diolah menjadi nilai parkir turn over masing-masing mahasiswa yang kemudian berperan sebagai variabel terikat (Y). Data sekunder berupa data parkir ICT (Information and Communication Technology) dan jadwal perkuliahan dari masing-masing jurusan dan angkatan di Fakultas Teknik UNS. Hasil analisis menunjukkan persaman hubungan penggunaan waktu kegiatan mahasiswa di kampus dengan kebutuhan ruang parkir adalah Y = 4,954 – 0,009X1 – 0,011X2 – 0,009X3 – 0,009X4, dengan R2 = 0,799. Melalui persamaan tersebut dapat diketahui penghematan kebutuhan ruang parkir dapat mencapai 63% jika mahasiswa tidak menggunakan waktu tunggu antar jam kuliah. Oleh karena itu direkomendasikan untuk mengurangi kebutuhan ruang parkir dengan mengurangi durasi jeda antarjam perkuliahan. Kata kunci: sepeda motor, kegiatan mahasiswa, kebutuhan parkir, analisis regresi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 04 Feb 2016 23:09
    Last Modified: 04 Feb 2016 23:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23613

    Actions (login required)

    View Item