PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER (LT) MENGGUNAKAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 3 SURAKARTA

Arofah, Anastasia Anggarkusuma (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER (LT) MENGGUNAKAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 3 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Negeri Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (935Kb) | Preview

    Abstract

    Anastasia Anggarkusuma Arofah. PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER (LT) MENGGUNAKAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 3 SURAKARTA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli, 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran akuntansi di SMK Negeri 3 Surakarta melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Learning Together (LT) menggunakan media ular tangga. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI AK 2 SMK Negeri 3 Surakarta yang berjumlah 31 siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data berasal dari guru, siswa, dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Untuk mengetahui validitas instrumen berupa tes digunakan validitas isi. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif untuk data kuantitatif dan model interaktif untuk data kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan prosedur penelitian untuk masing-masing siklus meliputi empat tahap yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi/ pengamatan, dan (4) analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperaatif tipe Learning Together (LT) menggunakan media ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari pratindakan, siklus I, dan siklus II. Pada pra tindakan hasil belajar psikomotorik, afektif dan kognitif siswa belum optimal sebesar 31,36%, 35,91%, dan 38,70%. Penelitian ini menetapkan indikator kinerja untuk masing-masing aspek hasil belajar sebesar 80%. Pada siklus I diperoleh persentase hasil belajar psikomotorik siswa sebesar 75,98%, hasil belajar afektif siswa 76,55%, dan hasil belajar kognitif siswa sebesar 67,74%. Pada siklus II mengalami peningkatan, persentase hasil belajar psikomotorik meningkat menjadi 85,30%, hasil belajar afektif meningkat menjadi 83,65%, dan hasil belajar kognitif meningkat menjadi 87,10%. Simpulan penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe Learning Together (LT) menggunakan media ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran akuntansi di SMK Negeri 3 Surakarta. Kata kunci: Learning Together (LT), media ular tangga, hasil belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 04 Feb 2016 23:12
    Last Modified: 04 Feb 2016 23:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23612

    Actions (login required)

    View Item