Analisis Tingkat Ketahanan Pangan Rumah Tangga Petani di Kota Salatiga (Studi Kasus Rumah Tangga Petani di Kecamatan Sidorejo)

ARIYADI, WAHYU (2016) Analisis Tingkat Ketahanan Pangan Rumah Tangga Petani di Kota Salatiga (Studi Kasus Rumah Tangga Petani di Kecamatan Sidorejo). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (607Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi tingkat ketahanan pangan rumah tangga petani dan menganalisis besarnya pengaruh faktor-faktor seperti pendapatan petani, pendidikan petani, usia petani, dan jumlah anggota keluarga terhadap tingkat ketahanan pangan rumah tangga petani di Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga. Penelitian ini menggunakan data yang diambil dengan metode survei dan wawancara dengan petani sebagai responden. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 90 responden. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif, analisis regresi linier berganda dengan metode Ordinary Least Square (OLS), dan penggunaan proporsi pengeluaran pangan sebagai indikator untuk tingkat ketahanan pangan rumah tangga petani. Hasil analisis uji F menunjukkan bahwa secara statistik semua variabel yaitu pendapatan petani, pendidikan petani, usia petani dan jumlah anggota keluarga petani berpengaruh terhadap tingkat ketahanan pangan rumah tangga petani. Sedangkan uji t menunjukkan bahwa variabel pendapatan petani, pendidikan petani, usia petani dan jumlah anggota keluarga petani berpengaruh secara signifikan. Berdasarkan hasil tersebut, saran yang diberikan yaitu dengan meningkatkan pendapatan petani dengan cara pemberian ketrampilan maupun pelatihan-pelatihan dengan bantuan pemerintah maupun LSM, sosilisasi pengetahuan tentang gizi, pengembangan maupun sosialisasi lebih lanjut tentang kebijakan Kawasan Rumah Pangan Lestari dan penyuluhan tentang pentingnya keluarga berencana

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 30 Jan 2016 14:11
    Last Modified: 30 Jan 2016 14:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23575

    Actions (login required)

    View Item